7 Macam Buah Penurun Kolesterol

Buah-buahan sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Manusia bisa memperoleh zat penting dalam tubuhnya melalui konsumsi buah. Salah satunya adalah untuk menurunkan kolesterol di tubuh manusia.

Beragam kandungan buah seperti kandungan air alami, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, gula, lemak tak jenuh, serat, kalsium, hingga pektin terus mengundang ketertarikan banyak pihak untuk meneliti beragam manfaat buah. Terbukti, banyak penyakit parah bisa terobati dengan khasiat buah.

Namun dari sekian banyak buah yang menyehatkan, ada 7 jenis buah yang paling berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol, yaitu :

  1. Jeruk Lemon
    Buah jeruk lemon memiliki kandungan vitamin C, kalsium yang tinggi, dan kandungan pektin yang tinggi sehingga selain membuat rasa segar juga bisa menurunkan kolesterol pada tubuh.
  2. Anggur
    Buah anggur memiliki sifat basa yang mampu menetralkan darah yang terlalu asam. Asam yang berlebihan bisa merugikan kesehatan, sehingga dengan mengkonsumsi anggur maka lemak-lemak yang menimbun dan mengeras akan hancur. Selain itu anggur mengandung polifenol, pektin, tanin, dan vitamin C yang berfungsi untuk menonaktifkan virus dan tumor.
  3.  Apel
    Buah apel memiliki kandungan pektin dan karoten yang memiliki serat yang larut dalam air sehingga bisa memperbaiki otot pencernaan dan membantu mendorong sisa-sisa makanan pada saluran pembuangan.
  4. Alpukat
    Buah Alpukat merupakan buah yang kandungan lemaknya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan buah yang lainnya. Namun, lemak yang terkandung adalah lemak tak jenuh yang dapat menurunkan serum kolesterol jenuh.
  5. Jambu Biji
    Buah Jambu Biji mengandung vitamin C serta kandungan pektin yang tinggi sehingga ampuh untuk menurunkan kolesterol yang ada pada tubuh kita.
  6. Stroberi
    Stroberi memiliki kekayaan kandungan seperti halnya mengkonsumsi gandum. Perannya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat telah diakui dalam sebuah penelitian.
  7. Bluberry
    Buah ini memiliki komponen Pterostilbene yang bisa menstimulasi protein reseptor yang ada dalam sel yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol dan lemak tubuh lainnya.



twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10