Alat Kontrasepsi Jangka Panjang

Dalam memilih alat kontrasepsi, setiap orang memiliki pertimbangan tertentu. Pertimbangan tersebut beberapa diantaranya adalah dari segi biaya, kemudahan pemakaian, kemudahan memperoleh alat transportasi, dan jangka waktu juga dari segi efek samping yang ditimbulkan. Dari sisi jangka waktu, terbagi atas jangka pendek dan jangka panjang. Alat kontrasepsi jangka pendek adalah pil, kondom, dan suntik. Sedangkan alat kontrasepsi jangka panjang adalah implant dan IUD.

Implan dapat digunakan selama 3, 4, atau 5 tahun, tergantung jenisnya. Memakai implan memang memerlukan biaya yang relatif lebih mahal dibandingkan biaya pil KB, suntik, dan kondom. Pil KB memiliki kisaran harga Rp 10.000,00 hingga Rp 180.000,00 untuk masa konsumsi per bulan. Harga kondom, berkisar Rp 3.000,00 hingga Rp 20.000,00 per satuan terkecil. Satuan terkecil ini rata-rata berisi 3 kondom. Sedangkan untuk suntik KB, mulai dari Rp 20.000,00. Alat KB jenis suntik dilakukan setiap bulan atau tiga bulan sekali. Untuk implan, biaya mencapai Rp 500.000,00 hingga Rp 1.000.000,00. Biaya ini memang terbilang mahal namun jika dihitung-hitung, untuk manfaat yang jangka panjang dan tidak perlu bolak balik kontrol maka terhitung lebih murah. Implan pemasangannya cukup mudah, dipasang dibagian bawah lapisan kulit di lengan atas. Berupa kapsul silastic silikon yang mengandung hormon progesteron yang dikeluarkan secara perlahan-lahan untuk menghambat ovulasi.

Alat kontrasepsi jangka panjang yang lain adalah IUD. Intra Uterine Device, demikian kepanjangan dari IUD, orang awam mengenalnya dengan sebutan spiral. IUD berbahan plastik dengan balutan tembaga, berbentuk T berukuran kurang lebih 3 cm. Fungsinya mencegah pelepasan sel telur sehingga sel telur tidak dapat bertemu sperma dan tidak terjadi pembuahan. Selain itu, mobilitas sperma pun akan berkurang dan daya jelajah sperma tidak bisa mencapai sel telur. Efektivitas IUD ini dari 5 hingga 10 tahun. Cukup praktis bagi yang tidak telaten menyambangi bidan atau dokter demi mengecek alat kontrasepsi. Biaya pemasangan IUD start Rp 850.000,00 tapi harga ini optional, tergantung dimana Anda memasangnya.

Nah, untuk memilih alat kontrasepsi, semua pilihan ada di tangan Anda. Jika menginginkan alat kontrasepsi jangka panjang, implan dan IUD-lah jawabannya.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10