Aneka Penyebab Kulit Gatal

Sebenarnya definisi gatal-gatal itu apa? Secara bebas diartikan perasaan yang secara otomatis atau refleks menuntut seseorang untuk menggaruk. Nah, penggarukan tentu dilakukan bukan sekali, namun berulang kali yang sebabkan kulit menjadi kemerahan atau goresan pada permukaan kulit, yang sebabkan iritasi. Dalam jangka panjang dapat sebabkan terbentuknya jaringan parut dan akhirnya kulit akan menebal. Apa sebenarnya aneka penyebab kulit gatal itu?

Sebenarnya gatal-gatal (pruritus) itu bukanlah suatu penyakit yang mengkhawatirkan, namun bila dibiarkan saja tidak diobati secara maksimal, akan masalah lain yang serius, seperti luka garukan jadi infeksi, bakteri dan virus mudah masuk hingga bisa sebabkan borok, nanah atau menjadi penyakit kulit yang akut. Nah hal itu bisa merembet ke bagian tubuh lain dan berakibat fatal, bahkan kematian.

Penyebab kulit gatal bisa karena penyakit kulit atau penyakit sistemik. Aneka penyebab kulit gatal karena penyakit kulit seperti infestasi parasit (scabies, pedikulosis), gigitan serangga, kaligata dermatitis kontak, dermatitis atopik, dan dermatitis alergia. Bisa pula penyebabnya adalah penyakit sistemik yang bisa sebabkan gatal-gatal adalah penyakit hati (kuning), gagal ginjal, leukemia, limfoma atau penyakit darah lainnya. Penyakit dalam ini reaksinya bisa gatal di kulit.

Pernahkah Anda terkena eksim? Penyakit kulit ini disebabkan demam atau alergi. Wajah, tangan, kaki, siku, area belakang lutut, itulah yang sering jadi sasaran eksim. Kulit menjadi gatal, merah kering dan bengkak. Penderita ini sangat sensitif pada pakaian wol, pelembut kain dan cuaca kering. Jerawat juga merupakan penyakit kulit yang cukup menyebalkan. Disebabkan bakteri, tumbuh di kulit dan menghubungkan pori-pori dengan kelenjar minyak di bawah kulit.

Impetigo, penyakit kulit karena bakteri karena gigitan serangga, goresan atau luka. Banyak diderita anak-anak berumur 2-6 tahun. Psoriasis, juga jenis penyakit kulit karena Anda stress, trauma dan tingkat kalsium rendah. Penyakit ini tak menular tapi malah  bersifat menurun.  Ciri khasnya  adalah bercak merah,  bersisik tebal dan menempel berlapis-lapis, dan makin lama bisa meluas.

Jenis penyakit gatal namun berbahaya bila tak segera diobati adalah Melanoma, yakni sejenis kanker kulit yang sebabkan perubahan tahi lalat pada kulit. Tahi lalat ini bisa membesar yang bisa muncul pada leher atau kulit kepala. Inilah Aneka penyebab kulit gatal, semoga dapat diambil manfaatnya.

 




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10