Apa Saja Pantangan Diabetes?

Pantangan diabetes merupakan salah satu bagian penting yang harus dijalani oleh di penderita agar tetap dapat hidup normal dan sehat walaupun ini sangat memerlukan pengorbanan dan kerelaan hati yang luar biasa. Pada dasarnya, pantangan semacam ini diberlakukan agar kadar gula darah penderita diabetes tidak naik. Pengaturan pola makan dan minum yang benar dipercaya dapat meminimalisir naiknya gula darah sehingga kadar gula dalam tubuh dapat terus terkontrol. Walaupun sulit untuk dilakukan namun bila penderita disiplin dalam menghindari makanan yang menjadi pantangan bagi penderita diabetes, maka hal-hal buruk pun dapat dihindari dan dicegah. Lantas, apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita diabetes?

 

·  Makanan yang Memiliki Indeks Glikemik Tinggi

Ada beberapa makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi yang harus dihindari oleh yang bermasalah dengan penyakit diabetes. Artinya, bila seseorang penderita diabetes mengkonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi maka kadar gula dalam darahnya dapat naik secara drastis. Untuk menghindari gejala ini maka penderita diabetes disarankan untuk menghentikan mengkonsumsi makanan seperti mie, pasta, nasi putih, kentang, dan roti putih. Mie dan pasta ini memang dibuat dan diolah dari karbohidrat sederhana seperti tepung beras dan gandum. Sebagai ganti dari makanan tersebut, penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi makanan pengganti seperti nasi dari beras merah atau beras coklat. Selain itu, beberapa penelitian juga menyatakan bahwa kafein mempunyai dampak yang negatif dan menjadi pantangan diabetes. Jadi, kurangilah mengkonsumsi minuman kopi dan teh agar kadar gula darah tidak naik. Untuk mengganti roti putih, anda dapat mengkonsumsi roti yang terbuat dari tepung gandum.

 

·  Pantangan Lain Untuk Penderita Diabetes

Selain makanan dan minuman yang telah disebutkan sebelumnya, penderita diabetes juga disarankan untuk menghindari makanan yang mempunyai rasa manis. Dan sebagai gantinya, dapat mengkonsumsi jus sayuran seperti kobis, paprika, wortel, dan kacang panjang. Jus sayur tersebut baik dikonsumsi untuk penderita diabetes karena mengandung serat dan antioksidan tinggi. Selain masalah makanan, ada faktor lain yang juga perlu dihindari oleh penderita diabetes, misalnya adalah menghindari stress dan mempunyai keyakinan untuk sembuh. Dan untuk melancarkan sirkulasi darah, penderita diabetes juga disarankan untuk melakukan olahraga ringan. Walaupun begitu, ada juga makanan yang mengandung gula tersembunyi dan ini juga termasuk makanan bagi penderita diabetes. Namun, kebanyakan dari mereka tidak menyadari bila sehari-hari mereka juga mengkonsumsi makanan jenis ini. Ada beberapa produk makanan yang mengandung gula tersembunyi, misalnya adalah aneka saus pasta, saus salad, saus BBQ, sereal dan cracker multi grain, dan smoothies. Semua itu menjadi pantangan diabetes agar kadar gula darah dalam tubuh tidak naik.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10