Beberapa Jenis Gigi Palsu, Kelemahan Dan Keunggulannya

Bagi yang ingin memasang gigi palsu, tentunya penting mengetahui Jenis Gigi Palsu terlebih dahulu agar bisa memutuskan gigi palsu yang tepat dipakai. Ada banyak Jenis Gigi Palsu yang umum dipakai, untuk memutuskan jenis yang mana yang paling Anda kehendaki tentu saja Anda perlu mempelajarinya satu demi satu. Anda bisa juga langsung mengkonsultasikannya ke dokter gigi agar mendapat pilihan yang tepat jenis gigi palsu mana yang paling tepat untuk Anda.

 

Apa Saja Jenis Gigi Palsu yang Umum Dipakai?
Mengenal Jenis Gigi Palsu yang akan Anda pakai adalah hal yang sangat penting. Sehingga Anda merasa yakin atas pilihan Anda sendiri. Tentu saja dengan bantuan penjelasan dari dokter gigi, Anda bisa menentukan pilihan gigi palsu yang paling cocok. Jadi tidak ada salahnya pula menanyakan pada pemakai gigi palsu di sekitar Anda tentang jenis gigi palsu yang sedang mereka pakai dan apa pendapat mereka tentang gigi palsu tersebut.

Gigi Palsu Lepasan
Gigi palsu lepasan adalah Jenis Gigi Palsu yang paling umum dan sering dipakai sejak jaman dahulu hingga sekarang. Disebut lepasan karena gigi palsu ini mudah dipasang dan dilepas oleh si pamakai. Gigi palsu ini biasanya terbuat dari akrilik termasuk kerangkanya. Ada juga kerangka atau landasannya terbuat dari logam sedang giginya tetap terbuat dari akrilik, hingga tidak mudah patah dan lebih nyaman dipakai.

Gigi palsu jaket (mahkota)
Jenis Gigi Palsu berikutnya adalah gigi palsu jaket atau mahkota,  model ini dibuat untuk menyelimuti gigi asli yang sudah rusak tapi akar dan syarafnya masih berfungsi baik.

Gigi palsu implan
Sistem implan merupakan system pemasangan gigi palsu teranyar, dipasang dengan cara menanamkan gigi palsu ke dalam gusi. Namun pemasangan gigi palsu dengan implan ini lebih rumit dan perlu persyaratan khusus yang harus dipenuhi sebelum pasien melakukan implan gigi.

 

Kelemahan dan Keunggulan Masing-Masing Jenis Gigi Palsu

Setiap Jenis Gigi Palsu memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Untuk gigi lepasan akrilik keunggulan gigi jenis ini adalah ringan, mudah dibentuk, pemasangan yang mudah dan relatif murah, tapi gigi palsu ini mudah patah, berubah warna dan aus. Sedangkan gigi palsu jaket atau mahkota, keuntungannya pasien tidak perlu mencabut gigi asli, namun perawatannya harus ekstra karena jika terjadi kerusakan, akan berpengaruh pada pasak gigi yang mengakibatkan gigi palsu patah. Sedang  gigi implan pemakai akan terasa memiliki gigi asli dan bersifat permanen, namun pemasangannya cukup rumit, memakan waktu lama, jika ada kerusakan harus dibongkar kembali dan biaya yang dikeluarkan jauh lebih mahal.

 

Apapun Jenis Gigi Palsu yang akan Anda pilih, semua tergantung kondisi gigi dan tentu saja keuangan Anda.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10