Berbagai Penyakit Saraf Pada Manusia

Saraf merupakan jaringan terpenting dalam tubuh makhluk hidup terutama manusia sehingga perlu diperhatikan kesehatannya. Saraf merupakan jaringan yang rentan terkena gangguan atau penyakit. Terdapat berbagai penyakit saraf pada manusia. Namun terkadang orang tidak menganggap bahwa penyakit saraf merupakan penyakit pada umumnya. Dan sering pengidap ataupun keluarganya malu untuk mengeluhkannya. Padahal, penyakit saraf berbeda dengan penyakit jiwa sebagaimana dipahami oleh kebanyakan orang.

Beberapa jenis penyakit saraf antara lain adalah :

  1. Sindroma parkinson.
    Anda pasti pernah mendengar nama Muhammad Ali petinju tenar berprestasi yang selalu menyabet juara pada dekade 70 sampai dengan 80 an bukan? Petinju tenar tersebut sempat mengalami penyakit saraf yaitu parkinson. Penyakit ini terjadi akibat adanya kerusakan pada bagian otak pengendali jaringan otot. Akibatnya, individu pengidap parkinson akan mengalami gemetar yang tidak beraturan pada bagian tubuhnya. Beberapa pasien bahkan sampai tidak bisa memegang benda dan tidak dapat berjalan sebagaimana individu normal.
  2. Meningitis.
    Meningistis merupakan peradangan yang terjadi pada selaput saraf. Penyakit ini diakibatkan oleh adanya infeksi virus dan parasit seperti Toksoplasma. Meningistis merupakan penyakit yang dapat ditularkan. Pencegahan yang dapat dilakukan untuk penyakit saraf ini antara lain dengan memberikan vaksinasi terhadap parasit penyebabnya.
  3. Migrain
    Berbagai penyakit saraf pada manusia lainnya adalah migrain. Pasti anda familiar dengan nama penyakit saraf ini. Migrain juga dikenal dengan nama “Sakit Kepala Sebelah”. Penyakit ini sering menyerang sebagian besar manusia. Gejalanya adalah pusing pada salah satu bagian kepala. Pada umumnya terjadi di kepala bagian samping agak belakang. Meskipun terkesan ringan, namun jika disepelekan, migrain dapat berbahaya karena bisa mengakibatkan kerusakan sel-sel saraf pada otak.
  4. Vertigo.
    Vertigo merupakan sakit kepala diiringi dengan gejala ketidakseimbangan dan penderita pada umumnya mengeluhkan adanya pandangan berputar diikuti mual dan muntah. Pada beberapa kasus, vertigo dapat disembuhkan tanpa obat. Namun keadaan vertigo sangat tidak mengenakkan karena dapat menjadikan penderita tidak mampu beraktivitas.
  5. Alzheimer.
    Pada penyakit saraf jenis ini, penderita alzheimer memiliki kehilangan kontrol terhadap diri sendiri. Selain itu penderita menjadi sangat pelupa dan sulit sekali mengingat kejadia, lokasi dan bahkan nama. Penyebab utama belum banyak diketahui tetapi disinyalir merupakan penyakit akibat adanya trauma dan atau penyakit yang bersifat menurun.
  6. Gegar Otak.
    Penyakit ini disebabkan oleh adanya benturan pada bagian kepala sehingga menyebabkan hilangnya memori.

Demikian berbagai penyakit saraf pada manusia yang seringkali terjadi pada manusia dan sering pula disepelekan gejala dan akibatnya. Untuk itu sangat dianjurkan untuk lebih peduli tentang penyakit saraf yang dapat terjadi pada manusia.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10