Bolehkah Nanas untuk Ibu Hamil?

Nanas untuk Ibu hamil memiliki beragam pendapat yang kontroversi di masyarakat. Padahal menurut dokter kandungan, Ibu hamil boleh makan buah dengan jenis beragam. Jika ada yang berpendapat nanas dapat menyebabkan keguguran, tentunya mereka memiliki alasan tertentu. Begitu pula dengan pendapat yang berbeda mengenai buah nanas.

Tanaman Nanas

Brazil atau daerah di Amerika Latin merupakan negara asal dari tanaman nanas. Tanaman nanas menghasilkan buah yang enak dimakan. Biasanya masyarakat menggunakan buah nanas sebagai salah satu jenis buah dalam sajian rujak, manisan maupun jenis makanan lainnya.

Buah nanas yang dimanfaatkan dapat berupa nanas muda maupun nanas tua. Buah nanas muda biasanya dimanfaatkan sebagai obat bagi wanita yang telat datang bulan. Meski memiliki manfaat, buah nanas juga memiliki pengaruh yang tidak baik bagi tubuh karena memicu terjadinya rematik.

Adapun manfaat buah nanas untuk Ibu hamil adalah untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Ibu hamil dapat mengkonsumsinya jika menggunakan takaran tertentu dan sudah berkonsultasi dengan dokternya. Sedangkan untuk manfaat yang lain yaitu:

  • Sistem pencernaan menjadi lebih kuat.
  • Pembentukan sel kanker dapat dicegah dengan rutin memakannya.
  • Dapat memperkuat daya tahan tubuh.
  • Dapat mengurangi stress karena kandungan serotonin.

Namun kandungan gula di dalam buah nanas memiliki kadar yang tinggi. Oleh karena itu, buah nanas tidak diperbolehkan bagi orang yang terkena diabetes atau kencing manis. Selain itu, rasa gatal juga ditimbulkan oleh buah nanas setelah dimakan. Biasanya menghindari rasa gatal ketika memakan buah nanas dengan cara merendam buah nanas dengan air garam sebelum dimakan.

Pengaruh Buah Nanas Pada Ibu Hamil

Terdapat beberapa makanan yang biasanya tidak diperbolehkan bagi Ibu hamil untuk mengkonsumsinya. Misalnya saja makanan yang mengandung alkohol, ragi ataupun kafein serta makanan yang dimasaknya kurang matang. Selain makanan, ada juga buah yang tidak boleh dimakan, misalnya buah yang mempunyai sifat panas yaitu durian. Lalu, bagaimana dengan nanas?

Pertanyaan tersebut memiliki jawaban pro dan kontra sesuai pernyataan sebelumnya. Selain mengandung serotonin yang berfungsi mengurangi stress, di dalam buah nanas terdapat bromelaine. Jika buah nanas dikonsumsi secara berlebihan oleh Ibu hamil, maka kontraksi pada dinding rahim akan meningkat. Jika kontraksi yang terjadi pada hamil muda atau trisemester pertama, maka mengakibatkan keguguran.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10