Bolehkah Pijat Keseleo?

Bolehkah pijat keseleo? Keseleo bisa terjadi karena aktivitas yang berlebihan, baik yang disengaja maupun tidak sengaja. Karena aktivitas yang berlebihan tersebut, maka otot mengalami peradangan, bisa robek atau bengkak. Sebagai salah satu bentuk penyembuhan, banyak di antara kita yang mungkin lebih memilih untuk memijatkan bagian yang keseleo. Padahal, pijat untuk keseleo tak bisa sembarangan, bahkan ada beberapa kasus yang justru tidak dianjurkan melakukan pemijatan. Salah sedikit, kondisi bagian yang keseleo akan bertambah parah.

Pernahkah kita mengalami atau mungkin sekadar melihat bagian keseleo malah lebih besar setelah dipijat. Hal itu adalah salah satu contoh kasus kesalahan pemijatan. Pijat untuk keseleo tak seperti pijat untuk kondisi biasa. Pun tak bisa sembarangan orang melakukannya.

Bila ditanya lebih lanjut bolehkah pijat keseleo, mungkin jawabannya adalah tidak. Bila pun boleh, langkah tersebut adalah langkah terakhir bila langkah- langkah sebelumnya tak juga bisa menyembuhkan.

Akan lebih baik bila saat terjadi keseleo kita melakukan pertolongan pertama, yaitu: mengistirahatkan bagian yang keseleo agar ketegangan berkurang tanpa diberi ramuan apa- apa atau dipijat, setelah rileks lanjutkan dengan memberi es/ mengompresnya, dan agar bagian yang keseleo tidak “terkontaminasi” dengan faktor eksternal maka kita bisa membalutnya dengan perban.

Bagaimana bila cara di atas tak jua bisa menyembuhkan luka keseleo. Bila kita terpaksa harus melakukan pemijatan terhadap bagian yang keseleo, maka kita harus memperhatikan beberapa hal. Pertama, jangan pernah memijatnya seorang diri bila kita tak mengerti masalah pemijatan untuk orang keseleo. Kedua, pilih juga tukang pijat yang sudah profesional dan berpengalaman terhadap masalah keseleo. Jangan sembarangan dalam memilih tukang pijat karena bisa berakibat fatal. Ketiga, sebelum memutuskan untuk menyerahkan bagian yang keseleo pada tukang pijat sebaiknya memaksimalkan usaha- usaha seperti yang sudah ditulis di atas. Bila perlu, berkonsultasi pada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Jadi, bolehkah pijat keseleo seperti yang selama ini banyak dilakukan oleh masyarakat. Boleh, namun menjadi pilihan paling terakhir bila pilihan lain sudah tidak ada. Sayangilah sendi kita! ^_^




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10