Cara Cepat Mengatasi Diare

Penyebab Diare

Diare adalah topik pembicaraan yang menakutkan bagi sebagian orang. Membicarakan diare artinya membicarakan  jumlah dan bentuk kotoran yang kita keluarkan.  Seseorang disebut diare jika kotoran yang kita keluarkan jumlah dan bentuknya tidak wajar atau berlebihan. Sebenarnya diare bukanlah suatu keadaan yang rumit. Ada penjelasan sederhana dibalik setiap kasus diare yang terjadi. Diare pada dasarnya terjadi karena kurang cairan yang ada di kotoran sehingga kotoran sulit untuk diuraikan usus besar, akibatnya proses pencernaan pun terganggu.

Ada 3 hal utama penyebab terganggunya proses pencernaan sehingga mengakibatkan diare, yaitu:

1. Bakteri

Beberapa bakteri penyebab diare antara lain e.coli dan salmonela yang berhasil masuk ke tubuh kita. Bakteri ini  berasal  dari sayuran yang tidak dicuci dengan bersih dan daging yang terkontaminasi. Ketika bakteri ini mengganggu proses pencernaan kita, terjadilah diare.

2. Benda asing penyebab alergi

Salah satu alergi makanan yang cukup sering kita dengar adalah alergi susu sapi dan turunan produknya seperti keju, mentega dan lain-lain. Susu dianggap sebagai benda asing bagi penderita alergi dan mengganggu proses pencernaan. Ketika proses pencernaan terganggu, terjadilah diare.

3. Pembunuh bakteri

Konsumsi antibiotik atau pengobatan kemoterapi secara terus menerus adalah penyebab matinya bakteri baik yang diperlukan tubuh untuk mencerna makanan. Kurangnya jumlah bakteri baik di usus mengakibatkan proses pencernaan terganggu sehingga mengakibatkan diare.

 

Cara Cepat Mengatasi Diare

Walaupun proses terjadinya diare sangatlah sederhana, namun pada prakteknya diare sangatlah mengganggu dan harus segera diatasi. Bila tidak segera diatasi, diare bisa berakibat sangat fatal yaitu kematian. Berikut beberapa tips cara cepat dan terbaik untuk mengatasi diare:

  1. Minum air sebanyak-banyaknya. Menjaga supaya tubuh tetap mendapat cairan akan menghindarkan kita dari dehidrasi.
  2. Selama diare, jangan coba-coba minum alkohol karena akan memperparah kondisi usus dan menyebabkan kondisi yang lebih serius.
  3. Istirahat cukup dan menjaga kebersihan makanan akan membantu mempercepat penyembuhan diare.

 

Bakteri, jamur, dan berbagai virus yang masuk ke tubuh kita melalui makanan yang kita makan adalah penyebab diare yang paling umum. Memastikan diet yang anda lakukan adalah diet yang sehat dan selalu menjaga kebersihan makanan adalah kunci utama menghindari terjadinya diare.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10