Cara Merawat Anak Asma

Asma pada orang dewasa saja sudah sangat mengganggu, apalagi asma yang ada pada anak- anak. Ketahanan tubuh anak belum begitu sempurna, itu sebabnya sedikit saja serangan dari luar bisa sangat menyiksa. Sebagai orang tua yang memiliki anak penderita asma, kita harus tahu benar bagaimana cara merawat anak asma.

Pertama, ajaklah anak kita untuk menjaga kebersihan. Lingkungan yang tidak bersih bisa memicu penyakit asma karena kelembaban yang bisa mendatangkan virus. Bila anak kita masih balita, tentu kitalah sebagai orang tua yang harus mau banyak “berkorban” dalam hal menjaga kebersihan. Namun, setelah itu, kita harus mulai mengajarkan kepada anak untuk care terhadap kebersihan diri sendiri dan lingkungan terdekatnya. Kita harus menerangkan bahwa lingkungan yang kotor bisa memicu asma.

Kedua, bila asma si anak sudah tergolong akut, maka ada baiknya kita membekali dia dengan obat semprot sebagai pertolongan pertama. Sehingga, bila suatu saat anak kita kambuh di luar pengawasan kita, di sekolah misalnya, ada obat semprot yang bisa menolongnya sesaat sebelum kita bawa ke dokter.

Ketiga, mengajak untuk olahraga secara teratur. Tak perlu olahraga yang berat- berat, cukuplah jogging yang kita biasakan pada anak- anak kita. Olahraga teratur juga salah satu cara merawat anak asma yang seharusnya kita ajarkan. Asma terjadi karena jalan oksigen menyempit. Dengan berolahraga, penyempitan tersebut bisa diatas, apalagi bila masih kecil dan belum begitu parah.

Keempat, usahakan untuk selalu menghirup udara yang tidak berpolusi. Bila kita tinggal di kota yang masih asri, mungkin masalah ini tak terlalu berat. Namun, bila kita tinggal di kota yang berpolusi, kota industry misalnya, maka berhati- hatilah. Usahakan, anak kita tidak keluar bila tidak penting. Dan, di rumah, kita usahakan kondisinya untuk selalu hijau dan segar. Atau, bila terpaksa ke luar rumah, maka selalu sediakan obat semprot untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan.

Sebenarnya, asma pada anak memiliki “keuntungan” tersendiri dibandingkan pada remaja, dewasa, atau orang tua. Setidaknya, penanganan asma pada anak bisa lebih cepat. Dan, beberapa cara merawat anak asma di atas mungkin bisa diaplikasikan pada anak kita.

 




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10