Dampak Buruk Kontrasepsi Hormonal

Kontrasepsi Hormonal adalah pencegah kehamilan yang mengandung preparat estrogen dan progesteron. Berdasarkan jenis dan cara pemakaiannya, alat kontrasepsi terbagi menjadi tiga jenis, yaitu kontrasepsi suntikan, kontrasepsi oral (pil), dan kontrasepsi implant.

Banyak orang yang menganggap kontrasepsi adalah cara terbaik untuk menghentikan pembuahan pada rahim. Namun banyak sekali kerugian yang akan ditimbulkan dalam penggunaan kontrasepsi ini. Kontrasepsi membuat perubahan hormon yang besar, sehingga dapat menimbulkan beberapa gejala yang mengganggu seperti pusing, bintik-bintik pada kulit, gemuk, dan alergi.

Jika Anda bisa membayangkan, coba bayangkan darah kotor haid yang seharusnya keluar dari dalam tubuh dengan kontrasepsi haid bisa terhenti dan tidak keluar. Inilah penyebab berbagai gejala buruk yang timbul karena perubahan hormon secara paksa oleh Kontrasepsi.

Beberapa Ibu yang tidak mengetahui akan terus menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, namun ini berbahaya bagi kesehatannya. Jika kontrasepsi ini dihentikan, pada beberapa kasus akan terjadi pendarahan yang tak bisa dihentikan.

Dampak Buruk Penggunaan Kontrasepsi

Kontrasepsi yang pertama adalah suntikan. Dampak yang pertama adalah pendarahan yang tak menentu, hal ini sangat membahayakan dan harus segera dibawa ke rumah sakit. Kemudian terjadinya Amenorhoe yang berkepanjangan. Bertambahnya berat badan adalah salah satu hal yang sangat mengerikan bagi wanita, jika menggunakan kontrasepsi suntik, hal ini bisa terjadi. Sakit kepala yang tiba-tiba akan sangat menganggu aktivitas Anda, sakit kepala ini dihasilkan dari kontrasepsi suntik yang dilakukan.

Jika Anda ingin kembali subur dengan menghentikan kontrasepsi suntik, kesuburan akan terlambat beberapa bulan dari pemberhentian pemberian suntikan. Pemberian kontrasepsi ini harus diberikan oleh orang professional, jika tidak ini akan sangat berbahaya bagi anda. Menimbulkan rasa sakit akibat suntikan dan memerlukan biaya yang cukup tinggi. Kontrasepsi hormonal ini menyebabkan beberapa efek yang mungkin akan mengganggu Anda.

Kontrasepsi Oral adalah kontrasepsi yang berbentuk tablet untuk wanita. Biasanya tablet ini harus diminum setiap hari. Tablet ini mengandung hormon estrogen dan progesteron yang bisa mencegah kehamilan. Efek samping penggunaan tablet kontrasepsi ini adalah timbulnya jerawat pada wajah. Perubahan hormon yang disebabkan oleh tablet membuat jerawat bermunculan dan ini pasti sangat menganggu penampilan Anda.

Nyeri payudara juga akan Anda rasakan, bahkan bisa menimbulkan kanker payudara jika Anda mengkonsumsi tablet kontrasepsi ini. Selain jerawat, efek buruk yang mengubah penampilan dengan mengkonsumsi obat ini adalah penambahan berat badan. Dampak lain yang ditimbulkan adalah darah tinggi.

Kontrasepsi yang terakhir adalah Implant. Efek sampingnya yaitu pengeluaran implant tidak boleh sembarangan dan harus dilakukan oleh orang yang sudah terlatih. Petugas medis yang melakukan pengangkatan pun harus melakukan praktek dan latihan. Kontrasepsi ini lebih mahal daripada kontrasepsi lainnya. Kemudian sering timbul pola haid yang tidak teratur.

Bagaimana Kontrasepsi yang Baik?

Untuk mencegah kehamilan yang baik, Anda bisa menggunakan sistem kalender dengan mengetahui masa subur. Kini banyak sekali situs yang menyediakan kalender digital yang bisa di download untuk mengetahui masa subur Anda. Jika Anda tidak ingin hamil, maka hubungan sex dilakukan ketika Anda sedang tidak dalam keadaan subur. Hal ini termasuk cara mencegah kehamilan yang sangat murah.

Kontrasepsi hormonal dapat memperburuk kesehatan dan membuang uang Anda. Lakukanlah cara yang terbaik, tidak mengganggu kesehatan dan tidak merugikan Anda. Buruknya efek kontrasepsi sebaiknya diketahui sebelum menggunakannya. Penggunaan kalender dan mengenali lendir kesuburan pada vagina adalah kontrasepsi alami yang tidak menimbulkan efek samping mengerikan. Anda bebas memilih apa yang dibutuhkan, namun sebaiknya pilihlah hal yang terbaik untuk menjaga kesehatan Anda. Kesehatan itu sangat berharga.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10