Efek Samping Alat Kontrasepsi

Efek samping alat kontrasepsi memang masih menjadi perdebatan karena tidak semua orang mengalami hal yang sama. Ini bergantung dari jenis alat kontrasepsi yang digunakan, dan juga kondisi tubuh dari para pemakainya. Alat kontrasepsi sendiri merupakan alat yang dipercaya dapat mengontrol dan mengendalikan tingkat kehamilan pada wanita. Ledakan penduduk yang cukup besar di Indonesia pun membuat BKKBN sibuk untuk melakukan pembinaan dan memberikan informasi kepada para ibu untuk segera ber-KB dengan menggunakan alat kontrasepsi agar dapat mengatur jarak dan membatasi jumlah anak dalam keluarga. Hanya saja, masalah lain akan muncul ketika seorang wanita menggunakan alat kontrasepsi.

Gejala yang umum adalah rasa pusing dan mual. Hal ini tentu saja sangat mengganggu aktifitas. Oleh karena itu, para ibu pun dituntut untuk pandai dalam memilih jenis alat kontrasepsi yang cocok. Sangat perlu untuk berkonsultasi ke dokter atau bidan sehingga Anda tidak akan salah pilih dalam memakai alat kontrasepsi. Lalu, apa sajakah yang harus diketahui oleh pasangan suami-istri tentang pengaruh alat kontrasepsi?

Gejala Efek Samping Setelah Memakai Alat Kontrasepsi

Ketika seorang wanita memutuskan untuk menggunakan alat kontrasepsi, ia pasti berharap tidak akan punya masalah lagi dengan kehamilan. Tetapi, ternyata ada efek samping yang akan dirasakan oleh para wanita yang menggunakannya. Efek samping alat kontrasepsi yang umum adalah rasa nyeri pada kepala, pusing, dan nyeri pada bagian payudara. Biasanya, efek samping yang dirasakan ini ketika seorang wanita mengkonsumsi pil KB selama beberapa hari. Tetapi efek samping tersebut akan hilang dengan sendirinya. Bila Anda masih merasakan rasa pusing dan nyeri pada bagian payudara, maka Anda harus berhenti mengkonsumsi pil tersebut dan berganti ke pil KB lain karena boleh jadi Anda tidak cocok dengan pil KB yang pertama.

Tidak hanya itu, para wanita juga sering merasa mual dan ini pun bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa bulan. Nah, untuk mengatasi rasa mual yang dirasakan, Anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi makanan tertentu sesaat sebelum Anda minum pil KB. Tetapi, kalau Anda memakai alat kontrasepsi lain seperti patch dengan bentuk seperti koyo atau cincin vagina, Anda dapat mencoba alat kontrasepsi lain sehingga rasa mual bisa dihentikan.

Efek Pendarahan Dan Penurunan Gairah

Kalau efek samping yang dirasakan ketika menggunakan alat kontrasepsi berupa pendarahan, ini tentu membuat wanita menjadi panik. Pendarahan yang muncul ini umumnya terjadi pada wanita yang memilih untuk menggunakan alat kontrasepsi berupa spiral, pil dan KB suntik. Nah, kalau ini terjadi, lebih baik Anda berhenti dan segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat penjelasan secara langsung dan jelas agar Anda dapat menemukan alat kontrasepsi yang cocok.

Bukan hanya efek pendarahan, ternyata penggunaan alat kontrasepsi juga dapat menurunkan gairah seksual para wanita. Kalau ini terjadi, Anda bisa berganti alat KB sehingga hormon Anda bisa seimbang kembali. Dan jika belum berhasil juga, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter sambil memberikan keterangan efek samping alat kontrasepsi Anda.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10