Fakta Seputar Pil KB

Banyak cara untuk menjarangkan kehamilan. Salah satunya adalah dengan menggunakan pil kontrasepsi, atau biasa disebut pil KB. Selama ini, banyak mitos mengenai pil KB, namun fakta seputar pil KB, jauh lebih bermanfaat bagi kaum wanita.

Perlu diketahui, pil kontrasepsi yang penggunaannya dengan cara diminum (oral) ini telah dikenal dan digunakan selama setengah abad. Ketika pertama kali digunakan, pil KB hanya berfungsi untuk mencegah kehamilan. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi dan ilmu kedokteran, fungsi pil KB semakin meluas. Saat ini, kegunaannya tidak hanya untuk mencegah kehamilan, tetapi juga untuk kecantikan. Menghaluskan wajah dan mencegah timbulnya jerawat, adalah dua di antara sekian banyaknya fungsi pil KB untuk kecantikan.

  • Melindungi ovarium dan rahim
    Inilah fakta seputar pil KB yang pertama. Sebelumnya, pernah beredar mitos bahwa pil KB menyebabkan kanker rahim. Namun, fakta membuktikan bahwa pil KB justru memberi perlindungan pada ovarium dan rahim. Sehingga, organ tersebut terhindar dari kanker.
  • Meningkatkan kesuburan
    Ya, pil KB membantu meningkatkan kesuburan. Jika seorang wanita memutuskan untuk menunda kehamilan dengan mengonsumsi pil KB, alat kontrasepsi ini membantu haid datang secara teratur. Ketika wanita itu ingin segera hamil dan menghentikan konsumsi pil KB, tentu saja kehamilan dapat segera terjadi.
  • Efek samping
    Sebelum diluncurkan, pil KB telah diteliti dengan serius. Bahkan, penelitiannya paling banyak dilakukan di dunia. Alat kontrasepsi ini juga paling banyak direkomendasikan dan diresepkan. Sehingga, sampai saat ini, efek samping yang serius dari pil KB, hampir tidak pernah ada.
  • Tidak meninmbulkan kenaikan berat badan
    Fakta seputar pil KB selanjutnya adalah tentang berat badan. Banyak wanita yang tidak mau menggunakan pil KB karena takut gemuk. Pada awal pemakaian pil KB memang ada wanita yang merasa perutnya kembung. Namun, hal ini akan segera membaik. Lalu, pada banyak studi, terbukti bahwa mengonsumsi pil KB sama sekali tidak ada hubungannya dengan kenaikan berat badan.

Masih banyak fakta seputar pil KB yang harus diketahui para wanita di dunia. Tujuannya adalah agar mereka tidak merasa cemas ketika harus menggunakan alat kontrasepsi ini. Dari fakta-fakta di atas, jelaslah bahwa pil KB sangat efektif untuk menjarangkan kehamilan, sekaligus meningkatkan kualitas kesehatan.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10