Gejala Asam Urat

5 Gejala Asam Urat

Apakah Anda pernah merasa nyeri pada sendi tubuh, atau tiba-tiba salah satu bagian tubuh Anda terasa bengkak dan nyeri? Mungkin saja saat itu Anda berfikir hanya karena factor kelelahan atau karena hal sepele lainnya, dan cenderung untuk membiarkannya. Jangan diremehkan kondisi tersebut, mungkin saja saat itu merupakan gejala dari Asam urat.

Untuk memastikan apakah Anda terserang asam urat, bisa melalui pemeriksaan melalui hasil laboratorium. Namun, Anda sebenarnya bisa mengamati apakah Anda terkena asam urat atau tidak, melalui gejala-gejala yang biasanya terlihat secara fisik. Dengan mengetahuinya, maka membantu Anda untuk segera mengantisipasi dan mengobati Asam urat tersebut.

Apabila gejala tersebut tidak segera di antispasi dengan cepat, maka gejala awal yang mungkin hanya ringan bisa berubah menjadi lebih parah ataupun kronis. Tentu saja apabila gejala itu telah kronis, maka akan bertambah sulit untuk mengobati serta mungkin memerlukan waktu dan biaya yang cukup besar.

Berikut ini, merupakan 5 gejala umum dari asam urat yaitu:

 

  1. Gejala ini disebut dengan arthritis gout yang menyerang pada salah satu sendi. Gejala ini di tandai dengan gejala pembengkakan, kemerahan, ganggu gerak, serta nyeri. Sendi yang paling sering muncul pada serangan pertama adalah sendi pangkal ibu jari. Biasanya mencapai puncaknya kurang dari 24 jam
  2. Gejala asam urat ini biasanya akan dialami saat malam hari atau ketika pagi hari. Saat itulah sendi yang di serang akan terasa nyeri, bahkan bengkak dan kemerahan.
  3. Tubuh akan sering terasa pegal-pegal dan merasa capek. Walaupun aktifitas yang di kerjakan tidak terlalu banyak, namun tubuh akan terasa cepat lelah.
  4. Gejala nyeri tersebut biasanya terjadi secara berulang-ulang. Apabila hal ini terjadi, maka sebaiknya segera di waspadai karena bisa mengarah pada asam urat.
  5. Gejala asam urat yang cukup parah, akan membuat persendian terasa sakit dan sangat sulit untuk di gerakkan. Bahkan apabila gejala tersebut menyerang ke daerah ginjal, bisa mengakibatkan kencing batu.

Apabila Anda sudah merasakan gejala-gejala seperti di atas, maka sebaiknya segera di obati agar tubuh Anda menjadi normal kembali. Untuk mengurangi kadar asam urat, selain berobat, Anda pun harus menjaga pola makan yang di konsumsi sehari-hari, dan menghindari makanan yang mengandung purin.

 




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10