Gejala dan Penyebab Penyakit Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit yang menyerang hati. Terjadi peradangan pada hati yang disebabkan toxin. Penyebabnya bermacam-macam, karena ada beberapa jenis Hepatitis, maka penyebab dan gejalanya berbeda-beda.

Hepatitis A ditandai dengan menguningnya warna putih di mata, urine berubah warnanya menjadi coklat gelap, menyerupai minuman cola. Gejala yang lain adalah pada bagian perut sebelah kanan akan terasa sakit, timbul demam secara terus menerus, muntah-muntah, pusing, merasa cepat lelah dan kurang bergairah kerja serta badan menjadi lebih cepat kurus karena nafsu makan yang kurang. Penyebabnya adalah virus Hepatitis A. Virus ini dapat menular melalui makanan yang diolah oleh penderita Hepatitis A yang tidak memperhatikan kehigienisan terutama ketika selesai buang air besar.

Hepatitis B kronis memiliki gejala mata kuning, perut mulai membesar, badan mudah merasa lemas, terjadi pembengkakan pada kaki dan mata kuning. Virus Hepatitis B kehadirannya tidak bisa dirasakan oleh penderita, meskipun bertahun-tahun telah bersemayam di hati. Pemeriksaan laboratorium yang akan membuktikan. Penyebabnya adalah virus Hepatitis B yang tumbuh dan berkembang di hati. Penyebab lain adalah autoimmune hepatitis yaitu kondisi imun tubuh yang menyerang hati dan menyebabkan radang hati. Toxic hepatitis merupakan penyebab hepatitis B karena kerusakan sel-sel pada hati yang disebabkan oleh bahan kimia beracun, mengonsumsi makanan yang mengandung racun dan obat keras dengan efek samping mencederai hati.

Hepatitis C disebabkan oleh virus Hepatitis C yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui daging yang diolah setengah matang, tertular oleh penderita Hepatitis C, dan pola hidup yang tidak teratur seperti makan yang tidak teratur, kurang istirahat dan mengonsumsi junk food secara berlebihan. Gejala hepatitis C adalah mudah lelah dibanding orang pada umumnya, kehilangan nafsu makan dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus, perut akan terasa sakit dalam waktu lama, mata menjadi menguning dan urine berwarna pekat. Untuk memastikannya bisa dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Bergaya hidup sehat, memberi hak pada tubuh untuk istirahat cukup dan mendapat makanan yang sehat serta mulai berolahraga akan membuat hidup lebih berkualitas dan terhindar dari berbagai penyakit.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10