Jadwal Imunisasi untuk Bayi dan Anak

Para Orang Tua baik Bapak ataupun Ibu yang sudah ataupun baru saja mempunyai Bayi, apakah Anda tahu kapankah Anda harus melakukan Program Imunisasi untuk kekebalan tubuh Anak Anda? Nah, inilah permasalahan yang kerap kali terjadi pada Orang Tua yang selalu terlambat mengikutkan Program Imunisasi, Mereka tidak tahu sama sekali kapankah jadwalnya. Sebenarnya pentingkah Jadwal Imunisasi untuk Bayi dan Anak ini? Ya sangat penting! Karena pemberian Imunisasi lebih awal akan melindungi buah hati Anda lebih awal juga.

Ingat Anda harus hati-hati jika Anda sampai telat dalam memberikan perlindungan ini, karena jika Anda telat memberikan Imunisasi bukan tidak mungkin Anak Anda tersebut ternyata sudah terkena penyakit duluan sehingga ini akan menimbulkan masalah nantinya. Mungkin Anda bisa melihat Jadwal Imunisasi pada daerah tempat tinggal Anda yang sering kali diadakan tiap bulan atau 2 bulan sekali tapi maksud jadwal di sini bukan itu. Maksud jadwal di sini adalah pada umur berapakah Bayi Anda harus diberikan Imunisasi dan apa sajakah macam Imunisasi yang harus diberikan kepadanya.

Sekarang Anda sudah cukup mengerti bukan tentang jadwal ini? Nah, untuk lebih membantu Anda kapankah waktu Imunisasi yang tepat bagi Anak Anda berikut adalah Jadwal Imunisasi untuk Bayi dan Anak berdasarkan rekomendasi Ahli Kesehatan :

1. Saat Bayi Anda Baru Saja Lahir
Saat pertama kali Bayi Anda lahir, biasanya ada 2 jenis vaksin wajib yang diberikan yaitu vaksin Hepatitis B1 dan Vaksin Polio 0. Vaksin Hepatitis B1 atau disingkat HB-1 wajib diberikan paling lambat sekitar 12 jam dari waktu kelahirannya. Sementara vaksin Polio 0 diberikan ketika Bayi tersebut akan pulang atau Anda bawa ke rumah.

2. Bayi berusia 1 Bulan
Dalam usia 1 bulan ini, Bayi Anda wajib menerima vaksin Hepatitis B2 atau disingkat dengan HB-2. Pemberian vaksin pada usia ini sangatlah penting karena penyakit Hepatitis B2 yang menyerang Bayi bisa menyebabkan sang Bayi tidak bisa aktif dan banyak bergerak.

3. Bayi berusia 0-2 Bulan
Vaksin untuk mencegah penyakit Tuberkulosis bernama BCG ini dapat Anda berikan sejak Bayi Anda lahir. Jika Anda ingin memberikan vaksin ini pada Bayi Anda yang sudah berusia 3 bulan lebih, maka diharapkan Anda menguji Tuberkulin terlebih dahulu dan vaksin BCG baru diberikan jika ternyata hasil pengujian tersebut negatif.

4. Bayi berusia 2 Bulan
Ada 3 vaksin yang bisa anda berikan pada usia ini yaitu DTP-1, Hib-1 dan Polio-1. Vaksin Toksoid Difteri dan Tetanus DTP-1 bisa Anda berikan pada usia sekitar lebih dari 6 minggu. Vaksin Penyakit HiB yaitu Hib-1 bisa Anda berikan pada usia mulai melangkah ke 2 bulan dan vaksin Polio-1 bisa anda berikan secara bersamaan dengan vaksin DTP-1.

5. Bayi berusia 4 Bulan
Ada 3 vaksin yang akan Anda berikan saat ini yaitu DTP-2, Hib-2 dan Polio-2. Pemberian vaksin yang terlebih dulu dilakukan pada usia ini adalah DTP-2, kemudian pemberian vaksin Polio-2 yang memang bisa diberikan bersama dengan DTP-2. Dan kemudian yang terakhir adalah pemberian vaksin Hib-2.

6. Bayi berusia 6 Bulan

Anda bisa memberikannya vaksin DTP-3, Hib-3 dan juga Polio-3. Pemberian vaksin DTP-3 bisa dikombinasikan dengan vaksin Hib-3, sementara vaksin Polio-3 bisa diberikan bersama dengan DTP-3.

7. Bayi berusia 9 Bulan

Anda bisa memberikan Bayi Anda vaksin Campak-1 tepat pada usia 9 bulan ini. Dan apabila pada usia 15 bulan nantinya MMR sudah diberikan maka vaksin Campak-2 sudah tidak perlu diberikan.

8. Bayi berusia 15-18 bulan

Jadwal Imunisasi untuk Bayi dan Anak pada usia 15-18 bulan ini adalah pemberian vaksin MMR dan juga Hib-4. Pemberian MMR ini juga sebagai pengganti vaksin Campak-2 sehingga nantinya vaksin Campak-2 sudah tidak perlu diberikan lagi.

 




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10