Jenis Alergi Makanan

Alergi  adalah reaksi berlebihan tubuh terhadap bahan dari luar yang didasari reaksi imunologis. Reaksi ini  umumnya hanya terjadi pada orang-orang tertentu yang mempunyai kecenderungan untuk itu (faktor genetik), dan sedikit pada orang  tanpa riwayat alergi dalam keluarganya.

Pada orang dewasa : makanan laut seperti kerang, udang, lobster, kepiting, cumi cumi, dan ikan. Beberapa jenis kacang kacangan seperti kacang kenari, kacang tanah. Yang paling sering ditemukan adalah alergi telur.

Pada anak anak : Pola alergi yang terjadi terkadang berbeda dengan orang dewasa. Makanan yang sering menimbulkan alergi pada anak adalah telur, susu, kacang tanah, dan buah buahan seperti tomat dan stroberi.

- Ruam atau gatal-gatal mulai muncul pada kulit. Dalam kasus ekstrim, pembengkakan dan gatal-gatal dapat menyebar ke seluruh tubuh.
- Pembengkakan pada daerah tertentu di dekat mulut.
- Pembengkakan telinga
- Kemerahan dan gatal pada mata.
- Hidung berair
- Muntah dan diare
- Kesulitan dalam bernapas dan mengi, kadang-kadang tanda-tanda asma

Mencegah Alergi Makanan

Menghindari makanan yang menjadi penyebab alergi merupakan hal yang paling utama dalam penanganan alergi makanan. Setelah diketahui jenis makanan yang menyebabkan alergi maka makanan tersebut harus segera dihapuskan dari daftar menu sehari hari. Caranya adalah harus dapat membuat daftar makanan/kandungan makanan yang ia makan sehari hari. Ketika alergi muncul, maka ia dapat melihat kembali apa apa saja yang ia makan sebelum munculnya alergi. Bila sudah ditemukan, segera hapus jenis makanan tersebut dari daftar menu.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10