Jerawat

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat biasanya selalu timbul di daerah wajah, hal itu dikarenakan kulit pada wajah yang sensitive. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.

Cara mencegah jerawat:

  1. Cuci muka/bersihkan muka setelah memakai kosmetik
  2. Keringkan muka dengan handuk bersih setelah cuci muka atau mandi
  3. Piih  kosmetik yang sesuai dengan kulit anda
  4. Banyak minum air putih
  5. Banyak makan sayur dan buah

 

Cara mengobati  jerawat secara tradisional

Berikut adalah bahan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat:.

1. Daun Sirih
Daun sirih sebanyak 7-12 lembar, kemudian direbus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, angkat dan diamkan hingga hangat-hangat kuku. Rebusan ini gunakan untuk mencuci muka berjerawat, sebaiknya dilakukan secara rutin sebelum tidur malam dan sehabis bepergian. Atau juga rebusan ini bisa juga diminum.

2. Jeruk Nipis
Sebuah jeruk nipis diperas, sebuah ketimun, dihaluskan dan diperas ambil airnya. Oleskan campuran bahan ke seluruh wajah sebagai masker, setelah 15 menit cuci dengan air hangat.

3. Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh 5-7 buah, air garam secukupnya ditumbuk halus kemudian airnya dioleskan pada kulit yang berjerawat dua kali sehari, pagi dan malam hari menjelang tidur.

4.Madu
Madu 2 sendok makan dan putih telur dari satu butir telur, campur jadi satu,  kemudian oleh diwajah sebagai masker, diamkan 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

 

Mudahan bisa bermanfaat, dan jika masih berlanjut hubungi atau konsultasikan dengan dr. Kulit/Kecantikan




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10