Kapan Harus Pergi Ke Dokter Anak?

Memiliki bayi yang sedang sakit memang membuat seorang ibu khawatir. Apakah itu hanya penyakit ringan seperti pilek atau itu sesuatu yang lebih serius? Anda tidak ingin menunda pergi ke dokter anak jika anak Anda memerlukan pertolongan medis, tetapi Anda tidak ingin menjadikannya terlalu mengkhawatirkan.

Daftar di bawah ini merupakan tanda dan gejala yang benar-benar membutuhkan perhatian medis. Dan Anda dapat memutuskan kapan harus pergi ke dokter anak :

  • Bayi atau balita terlihat biru sekitar bibir, kadang-kadang lebih gelap dari warna biru. Hal ini memerlukan perhatian segera.
  • Bayi atau balita Anda mengantuk dan tidak biasa seperti itu ketika ia terjaga. Ini termasuk jika bayi atau balita benar-benar tidak responsif. Hal ini memerlukan perhatian segera. Namun yang dimaksud disini adalah bukan saaat tidur nyenyak atau hanya bangun dari tidurnya.
  • Bayi atau balita terasa dingin saat kita sentuh dan ketika Anda tekan pada tulang dada (sternum) selama 5 detik sampai kulit pucat kemudian lepaskan, jika warna tidak kembali dalam waktu 3 detik. Hal ini memerlukan perhatian segera.
  • Bayi atau balita sedang susah untuk bernapas. Anda mungkin melihat otot pernafasan pada dada (daerah tulang rusuk) mencuat pada setiap napasnya. Anda perlu mencari bantuan jika ini tidak mengalamai pebaikan lebih dari satu jam.
  • Bayi atau balita adalah muntah berwarna hijau terang. Hal ini menunjukkan penyumbatan di dalam usus. Ini membutuhkan perhatian mendesak.
  • Bayi atau balita Anda buang air besarnya terdapat lendir dan darah, terutama jika sebelum buang air besar didahului dengan menangis sebelumnya. Ini bisa jadi intususepsi. Ini membutuhkan perhatian mendesak.
  • Bayi atau balita mengalami demam selama 5 hari atau lebih dan terlihat kurang sehat dan umumnya keadaannya tidak baik – maka Anda harus tahu kapan harus pergi dokter dengan segera mencari bantuan dalam waktu 24 jam.
  • Bayi atau balita tidak lagi beraktivitas seperti hari-hari sebelumnya. Misalnya, bayi Anda tidak bisa lagi duduk atau berdiri padahal sebelumnya dia bisa melakukannya. Maksudnya di sini adalah bukan dari hari ke hari, tetapi kecenderungan dari waktu ke waktu bahwa anak Anda tampaknya mengalami kemunduran dalam perkembangannya.
  • Bayi atau balita adalah penurunan berat badan pada bayi. Maksudnya bukan pada satu saat saja, tetapi berat badannya cenderung menurun dari waktu ke waktu, maka Anda harus waspada dan tahu kapan harus pergi ke dokter.

Jika Anda khawatir bahwa bayi atau balita sakit Anda adalah penentu terbaik seperti halnya Anda mengenal baik anak Anda sendiri. Jika Anda sangat khawatir, yang terbaik adalah untuk mencari nasihat dari paramedis atau dokter. Dan Anda bisa membuat keputusan kapan harus pergi ke dokter anak.

 




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10