Kapan Membutuhkan Kacamata Baca?

Sudah pasti sangat menyebalkan jika Anda tidak dapat membaca tulisan seperti sebelumnya. Meski keluhan yang Anda alami cukup sederhana. misal pandangan kabur, tidak fokus membaca tulisan berukuran kecil—tulisan running text di layar televisi atau pandangan kabur saat melihat tulisan dalam jarak dekat, tapi dipastikan mengganggu aktivitas sehari-hari. Keluhan-keluhan tersebut biasa terjadi pada orang berusia lebih dari 40 tahun. Kejadian ini mengindikasikan bahwa Anda butuh kacamata baca secepatnya.

Jika Anda tetap memaksakan untuk tidak menggunakan kacamata baca dapat mengakibatkan mata lelah dan tegang, serta menurunkan kemampuan melihat. Jadi, penggunaan kacamata baca bertujuan untuk meminimalisasi kedua kejadian tersebut. Selain itu, kacamata baca berguna untuk memberikan bantuan dalam memfokuskan penglihatan pada benda-benda kecil, seperti halaman buku. Jangan merasa terbebani, penggunaan kacamata baca dapat digunakan saat Anda mengendarai kendaraan atau menyetir, menonton televisi, atau saat melakukan kegiatan sehari-hari lainnya.

Anda masih tidak tahu kapan Anda membutuhkan kacamata baca? Coba simak beberapa pernyataan berikut untuk memastikan bahwa Anda membutuhkan kacamata baca atau tidak.

  1. Pandangan kabur saat membaca koran, buku, atau layar computer.
  2. Mata perih dan sakit setelah membaca atau menggunakan komputer.
  3. Sering mengalami sakit kepala saat membaca dalam waktu lama atau membaca tulisan kecil.
  4. Perasaan terbakar dan berair pada mata setelah membaca tulisan.
  5. Tidak dapat memasukkan benang ke dalam lubang jarum.
  6. Mengecilkan atau menyipitkan mata saat melihat tulisan kecil atau melakukan tugas-tugas lebih rinci, seperti menjahit.
  7. Menjauhkan jarak pandang saat membaca buku.
  8. Tidak bisa atau pandangan kabur saat membaca tulisan yang ada di televisi.
  9. Berumur 40 tahun.
  10. Anak muda yang mengalami strabismus.

Jika Anda mengalami dua atau lebih kejadian di atas maka sebaiknya buatlah janji secepatnya dengan dokter mata untuk melakukan pemeriksaan dan mendapatkan kacamata baca. Atau Memang, tidak semua orang berusia di atas 40 tahun mengalami gangguan penglihatan saat membaca. Namun, kelompok inilah yang paling sering membutuhkan kacamata baca.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10