Keuntungan Menggunakan Alat Kontrasepsi Jangka Panjang

Keuntungan menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang sebetulnya lebih ke sisi kenyamanan, kepraktisan, kecocokan, keamanan dan keefektifan dari alat kontrasepsi yang digunakan. Setiap orang memiliki kesibukan yang berbeda dengan orang yang lain. Tingkat aktifitas yang tinggi dengan kebutuhan yang berbeda. Lokasi, jenis pekerjaan, kepribadian, tingkat ekonomi dan mindset yang berbeda. Semua itu menunjukkan keragaman. Begitupun dalam mengikuti Keluarga Berencana (KB), orang akan memilih alat kontrasepsi yang sesuai dengan kepribadiannya, sesuai dengan tubuhnya, dan kebutuhannya. Bagaimana pun alat kontrasepsi tersebut akan masuk ke dalam tubuhnya dan memberi beberapa reaksi dan perubahan hormonal.

Bagi yang tergolong sibuk dan ingin praktis, mereka memilih alat kontrasepsi yang nyaman dengan tingkat efektifitas yang tinggi dan jangka waktu kerjanya yang lama. Pemilihan untuk menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang tentunya meninggalkan pertanyaan. Apa keuntungan  menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang? Apakah memang kontrasepsi jangka panjang ini lebih praktis dibandingkan kontrasepsi lainnya? Anda akan mendapatkan informasi lengkap dan pilihan dari jenis kontrasepsi ini yang siap Anda pilih.

Untuk alat kontrasepsi jangka panjang, yang umum digunakan adalah implant dan IUD. Implant biasa disebut dengan susuk, cara pakainya dimasukkan ke bawah kulit lengan atas. Bentuknya panjang mirip korek api, kurang lebig 3 cm, didalamnya berisi hormon progesterone. Dimana bekerja dengan dikeluarkan secara perlahan-lahan . Ada yang masa bekerjanya 3, 4 atau 5 tahun. Tergantung kebutuhan pemakainya.

Sedangkan IUD (Intra Uterine Device), merupakan alat kontrasepsi jangka panjang yang digunakan dengan meletakkannya pada rongga rahim, berbahan plastik lentur. IUD memiliki kemampuan untuk menghambat sperma masuk ke tuba falopi, sehingga kecil kemungkinan sperma bertemu dengan sel telur dan terjadi pembuahan.  Keuntungan menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang yang satu ini adalah masa kerja IUD bervariasi, yaitu 5 hingga 10 tahun.

Baik implant maupun IUD dapat dihentikan pemakaiannya jika menghendaki. Tentu saja, harus dengan meminta pertolongan tenaga medis yang terlatih. Tidak seperti alat kontrasepsi pil KB, dan kondom. Dimana semuanya tergantung pada pemakai dan sangat sederhana memakainya. Hanya perlu ketelatenan dan disiplin diri. Dengan implant dan IUD maka Anda bebas untuk menjalani kehidupan rumah tangga tanpa bolak-balik ke tenaga medis secara rutin dalam jangka pendek. Demikianlah keuntungan menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang.

Nah, Anda sudah siap menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang yang praktis dan ekonomis, bukan? Semoga alat kontrasepsi ini bukan hanya membuat program keluarga semakin pas, juga bisa sebagai salah satu cara meningkatkan kualitas dalam hidup Anda.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10