Keuntungan Menggunakan Alat Kontrasepsi

Terasakah kita akan banyaknya penduduk di Indonesia? Dimana semakin hari semakin bertambah. Jika sepuluh tahun yang lalu, di perkotaan masih dijumpai lahan yang digunakan untuk areal persawahan, meskipun lokasinya di pinggir kota, kini lahan tersebut mulai tiada. Terkikis pelan-pelan dan tertutup oleh beton. Berubah menjadi areal perumahan dan perkantoran juga pabrik-pabrik. Hal ini menunjukkan bahwa penduduk makin lama makin bertambah.

Salah satu usaha pemerintah untuk mengendalikan ledakan penduduk adalah dengan menganjurkan ber-KB. Program yang dulu sangat populer, kini mulai digalakkan lagi. Cara berKB adalah menggunakan alat kontrasepsi yang mudah diperoleh di apotik, puskesmas, dan sarana kesehatan lainnya. Lantas, apakah keuntungan menggunakan alat kontrasepsi?

Alat kontrasepsi memiliki peran untuk mencegah terjadinya kehamilan. Macamnya adalah suntik, kondom, IUD, implant, vasektomi, tubektomi, dan pil KB. Setiap pilihan memiliki kelebihan dan cara kerja masing-masing. Penempatannya dan cara pakainyapun berbeda-beda. Semua tergantung dari pilihan pemakai. Tergantung pula jangka waktu yang dipilih.

Keuntungan menggunakan alat kontrasepsi adalah memberi pilihan bagi keluarga untuk mengatur jarak kelahiran. Hal ini mungkin karena secara ekonomi mereka ingin mapan terlebih dahulu, atau karena riwayat melahirkan caesar sehingga membutuhkan waktu beberapa tahun untuk siap hamil kembali.

Kehidupan yang semakin menantang dimana pendidikan sekarang tidaklah seperti era 80-90 dimana materi pelajaran masih bersahabat dengan anak-anak, membuat orang berpikir untuk memiliki jumlah anak tidak terlalu banyak. Mereka ingin memaksimalkan pendidikan anak mereka dan memenuhi kebutuhannya secara maksimal. Dengan menggunakan alat kontrasepsi, maka ledakan penduduk akan bisa diperlambat terjadinya.

Alat kontrasepsi memberi keuntungan pula bagi para ibu dengan cara pengaturan waktu kelahiran dan menghindari “kesundulan” yaitu proses kehamilan kembali ketika anak masih berusia dibawah satu tahun. Banyak peristiwa, seorang bayi yang berusia empat bulan tidak lagi mendapat air susu ibu dikarenakan ibunya sedang hamil lagi. Padahal air susu ibu memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan, imunitas dan kecerdasan otak bayi. Makanan paling baik untuk bayi Anda adalah ASI. Nutrisi lengkap yang ada dalam kandungannya membuat Asi begitu special bagi bayi Anda.

Semoga kita bisa bijak dalam memilih alat kontrasepsi. Apapun alat kontrasepsi pilihan Anda, diskusikan dengan pasangan dan dokter agar mendapatkan informasi yang lebih akurat.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10