Kontrasepsi Andalan

Mengatur jarak kehamilan sudah menjadi kebutuhan penting saat ini. Kehamilan yang terlalu rapat jaraknya punya efek kurang baik bagi kesehatan ibu dan anak. Kondisi ibu yang belum pulih saat kehamilan dan melahirkan bisa membuatnya kurang fit secara fisik dan mental dalam menyambut kelahiran berikutnya. Ditambah lagi dengan kesibukan mengurus bayi yang membutuhkan konsentrasi dan kondisi fisik yang prima.

Ibu bisa memilih berbagai cara kontrasepsi untuk mengatur jarak kehamilan sesuai dengan kondisinya. Berbagai jenis kontrasepsi andalan bisa digunakan agar ibu merasa nyaman dan siap dalam menghadapi proses kehamilan dan melahirkan berikutnya.

Dilihat dari cara penggunaannya terdapat berbagai cara kontrasepsi. Cara oral atau meminum obat KB (keluarga berencana) termasuk yang paling populer. Karena cara ini relatif paling mudah. Satu butir Pil KB diminum setiap hari. Untuk menjaga kadar zat aktif Pil KB sebaiknya obat ini diminum pada jam yang sama. Tak perlu khawatir bila lupa minum obat. Pada hari berikutnya bisa diminum dua butir sekaligus. Tetapi tentu saja bila terlupa minum obat selama beberapa hari sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Metode suntik juga sering dipilih para ibu sebagai cara kontrasepsi andalan. Penggunaan metode suntik ini memerlukan bantuan tenaga kesehatan. Para ibu bisa memilih menggunakan KB suntik secara sebulan sekali atau tiga bulan sekali.

Pilihan KB lainnya adalah menggunakan susuk KB. Susuk ini akan ditanam di bawah kulit, biasanya di bagian atas lengan. Setelah ditanam susuk akan bekerja aktif sekitar lima tahun. Setelah masa kerjanya selesai maka susuk harus dikeluarkan untuk diganti dengan yang baru.

Metode kontrasepsi dengan menggunakan alat juga bisa dipilih sebagai cara kontrasepsi andalan. Penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi adalah cara KB yang paling mudah. Diperlukan partisipasi Bapak untuk menggunakan KB metode ini.

Alat kontrasepsi andalan lainnya adalah spiral. Alat kecil ini dipasang di mulut rahim oleh dokter yang berpengalaman. Bila masih ragu memilih cara kontrasepsi andalan, maka mintalah nasehat dan saran dari tenaga kesehatan.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10