Kontrasepsi Hormonal

Kontrasepsi hormonal adalah upaya untuk mengontrol kehamilan menggunakan hormon. Beberapa metode kontrasepsi hormonal yang umum dilakukan di antaranya melalui pil KB, pil mini, implan, dan suntikan. Hormon yang dilibatkan dalam jenis kontrasepsi ini adalah estrogen, progesteron, serta gabungan keduanya (estrogen + progesteron = progestin).

Cara kerja kontrasepsi hormonal adalah dengan menekan proses ovulasi. Selama ovulasi terjadi, telur dilepaskan dari ovarium. Namun jika ovulasi tidak terjadi, maka tidak ada sel telur untuk dibuahi dan kehamilan tidak dapat terjadi.

Ibu menyusui sebaiknya menghindari kontrasepsi hormonal yang mengandung estrogen, karena hormon ini dapat menurunkan kualitas dan kuantitas ASI, untuk enam bulan pertama menyusui. Lalu, tunggu sampai setidaknya enam minggu, ketika suplai susu Anda sudah mapan, baru mulai mengambil kontrasepsi hormonal. Selain itu, mulailah dengan dosis efektif terendah yang tersedia. Cobalah hormon progestin yang terbukti aman bagi bayi dan tidak memengaruhi pasokan susu.

Kontrasepsi hormonal berbentuk pil memiliki dua kemasan umum, yaitu paket 21 dan 28 hari. Baik pil maupun mini pil, Anda harus meminumnya setiap hari tanpa ada yang terlewat agar pengamanan dapat efektif. Sementara kontrasepsi berbentuk injeksi memiliki beberapa keuntungan. Anda tak perlu meminumnya setiap hari karena dalam sekali suntik, hormon bekerja selama empat hingga 12 minggu. Sedangkan kontrasepsi berbentuk implan biasanya mengandung progestin. Implan terdiri dari enam batang karet seukuran korek api yang berisi hormon ditempatkan di bawah kulit lengan atas Anda. Risiko kehamilan sangat kecil dan efektif hingga lima tahun.

Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda menggunakan kontrasepsi hormonal, dan jangan lupa ceritakan riwayat kesehatan Anda. Sebab bagaimanapun masing-masing jenis kontrasepsi hormonal memiliki kekurangan dan kelebihan serta efek samping yang berbeda. Efek samping yang umum berkaitan dengan kontrasepsi hormonal adalah mual, sakit kepala, naiknya berat badan, serta menurunnya hasrat seksual. Karena itu berkonsultasi dengan dokter dapat membantu Anda memiliki jenis kontrasepsi hormonal yang paling sesuai dengan gaya hidup serta kenyamanan Anda pribadi.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10