Kontrasepsi Sistem Kalender, Apakah Itu?

Program keluarga berencana masih menjadi program yang terus diikuti oleh para pasangan usia subur. Dengan menggunakan program KB, maka perencanaan keluarga dapat lebih baik dibandingkan dengan sesuatu yang tanpa ada perencanaan. Terdapat berbagai macam teknik kontrasepsi. Salah satunya adalah teknik kontrasepsi dengan menggunakan sistem kalender ini berbasis akan jadwal masa subur wanita. Teknik ini cocok dilakukan terhadap wanita yang jadwal atau siklus menstruasinya teratur. Masa subur wanita pada umumnya adalah antara hari ke 12 sampai dengan hari ke 17 dihitung sejak hari pertama menstruasi terakhir. Siklus terpendek dan siklus terpanjang wanita harus diketahui guna menghitung masa subur ini.

Terdapat rumus guna menghitung masa subur sebagai berikut:
Masa subur awal adalah siklus terpendek dikurangi dengan 13 dan masa subur akhir adalah siklus terpanjang dikurangi 11. Misalnya seorang dengan siklus terpendek menstruasi adalah 25 hari dan siklus terpanjang menstruasi adalah 35 hari, maka masa subur wanita tersebut adalah antara hari ke (25-13=12) sampai dengan hari ke (35-11=24). Jadi sebaiknya berhubungan sebelum hari ke 12 atau setelah hari ke 24.

Bagi yang masih bingung dengan kontrasepsi sistem kalender, apakah itu? Pada umumnya terus bertanya-tanya, apakah penghitungan ini valid? Sekali lagi sistem kalender ini dapat digunakan dengan baik pada wanita dengan siklus menstruasi yang relatif teratur. Bagi wanita dengan siklus menstruasi yang sulit diprediksi kapan masa terendek dan terpanjangnya, maka akan sulit menentukan masa subur dan justru dikhawatirkan mengalami salah penghitungan.

Banyak pasangan yang berhasil menggunakan teknik kontrasepsi kalender ini meskipun resiko kegagalan memakai teknik ini cukup besar. Kegagalan penggunaan metode ini terutama adalah salah menghitung jarak atau siklus terpendek dan terpanjang serta terkadang lupa dengan masa pertama kali menstruasi. Sistem kalender ini akan lebih berhasil jika diikuti dengan metode penentuan lendir dan juga suhu tubuh di mana lendir pada genital wanita dan suhu tubuh terhangat adalah masa subur. Jadi jika ingin menggunakan metode ini sebagai kontrasepsi, Anda harus benar-benar cermat dan teliti. Sekarang sudah tidak bertanya lagi mengenai kontrasepsi sistem kalender, apakah itu?




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10