Makanan Penyebab Insomnia

Insomnia bisa juga disebut sulit untuk tidur, memiliki banyak penyebab, beberapa orang ada yang memerlukan bantuan dari seorang praktisi kesehatan. Namun ada juga beberapa penyebab yang jelas dapat dengan mudah dihilangkan sehingga Anda dapat kembali tidur menikmati malam dan beristirahat.

Sayangnya kita cenderung menderita gangguan tidur yang berbeda, insomnia adalah hanya salah satu dari gangguan tidur yang ada. Namun insomnia adalah penyakit paling umum yang banyak diderita orang dan yang paling mudah sembuh dalam banyak kasus. Apakah Anda tahu bahwa apa yang Anda makan dapat sangat mempengaruhi bagaimana Anda tidur – atau tidak tidur sama sekali pada malam hari?

Ini adalah fakta bahwa ada beberapa makanan yang dapat membuat Anda tetap terjaga selama berjam-jam bahkan sampai semalaman. Terutama jika Anda memiliki kesulitan tertidur dengan mudah, beberapa makanan dapat benar-benar membuat tidur Anda menjadi sulit dan meningkatkan insomnia Anda lebih besar.

Sebelum kita melanjutkan untuk membahas makanan yang menyebabkan insomnia yang harus dihindari di malam hari sebelum tidur, hal ini berguna untuk menunjukkan bahwa secara umum Anda tidak boleh makan apa-apa setidaknya 2-3 jam sebelum menuju ke kamar tidur. Hal ini karena perut bisa menjadi sangat penuh dan gangguan pencernaan dapat terjadi. Selain itu juga minum alkohol atau kopi sebelum tidur adalah ide yang buruk secara keseluruhan.

 

Jadi berikut ini adalah daftar singkat dari makanan dan minuman yang Anda harus jauhi setelah sekitar pukul 8 malam :

 

- Makanan pedas – ini adalah makanan yang bisa menyebabkan asam lambung Anda meningkat, sehingga dapat mengakibatkan sakit maag. Terutama bila Anda berbaring, masalah akan diperburuk karena hal tersebut akan membuat Anda tetap terjaga di malam hari. Ini adalah fakta bahwa sistem pencernaan biasanya melambat pada malam hari, sehingga perut tidak akan memiliki energi untuk mencerna semua makanan pedas begitu cepat.

- Kafein – minum kopi tepat sebelum beralih ke tempat tidur adalah ide yang buruk. Makanan yang mengandung kafein adalah penyebab utama dalam menjaga orang dari tidur, seperti teh, kopi dan cola. Pola tidur akan mudah terganggu oleh aktivitas otak kuat dan bahkan jika Anda ingin cepat tidur. Kafein merangsang sistem saraf serta sistem tubuh lainnya. Dalam waktu sekitar lima belas menit dari minum secangkir kopi, kadar adrenalin meningkat, memicu peningkatan denyut jantung, tingkat pernapasan, produksi urin dan produksi asam lambung. Efek dari kafein biasanya hilang dalam waktu sekitar enam jam, jadi minum kopi di pagi dan makan siang tidak akan mempengaruhi tidur Anda. Percaya atau tidak, coklat tidak benar-benar mengandung banyak kafein. Beberapa choc chip cookie mengandung kurang dari 5 miligram kafein dan permen cokelat sekitar 10 miligram.  Bandingkan dengan secangkir kopi tubruk yang berisi sekitar 100 miligram. Secangkir teh mengandung sekitar 35 miligram kafein. Jika Anda benar-benar menyukai minuman panas di malam hari, cobalah teh herbal dan kopi-alternatif.

- Protein – jangan salah, protein yang besar untuk makan di siang hari memang diperlukan. Namun Anda harus menghindarinya di malam hari. Ada beberapa alasan yang perlu penjelasan teknis tentang mengapa, namun yang paling mudah dari semua adalah fakta bahwa protein cukup sulit untuk dicerna. Dan ini akan membawa kita kembali ke masalah makanan berat dan pedas. Jadi hindari makanan seperti yang telah disebutkan.

 

Makanan Penyebab Insomnia – Contoh bahan tambahan makanan :

 

- Pengawet roti umum (atau inhibitor cetakan). Gejala yang timbul disebabkan oleh Calcium propionate (282)  (dari jumlah makan roti) dapat berupa kesulitan untuk tidur, jalan malam, kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, depresi, iritabilitas, mengompol, hidung tersumbat dan gelisah;

- 320 BHA Buylated Hydroxyanisole antioxidant – dilarang di Jepang dan mungkin tidak terdaftar dalam produk yang mengandung kurang dari 5% minyak nabati);terjaga, depresi, gelisah, lekas marah

- Salisilat. Ada factsheet pada salisilat yang mana dapat dihubungkan dengan tinnitus, gangguan pendengaran reversibel, vertigo, gejala Penyakit Meniere, insomnia, perubahan perilaku anak-anak. Yang menarik di sini adalah informasi tentang “buah dan sayuran yang bagus”  tidak selalu baik untuk dikonsumsi;

- Pewarna 102 Tartrazin dan pewarna 110 Sunset Kuning, terjaga pada anak-anak

- 621 Monosodium Glutamat penguat rasa MSG. Gejala yang akan timbul adalah gelisah, lemah, dan lekas marah;

- 951 Aspartam pemanis buatan – dilarang untuk pilot udara AS. Karena akan mengakibatkan perubahan  (kecemasan, agitasi, iritabilitas, depresi), insomnia, kelelahan.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10