Makanan Tepat untuk Diet Golongan Darah

Diet Golongan darah mengajarkan orang untuk mengkonsumsi makanan tertentu dan menghindari makanan berdasarkan jenis darah mereka – A, B, AB, atau O.

Peter J. D’Adamo, ND, penulis sekaligus orang yang pertama kali mengemukakan tentang diet berdasarkan golongan darah, percaya bahwa golongan darah mempengaruhi sistem pencernaan dan percaya bahwa beberapa jenis makanan yang baik untuk orang lain belum tentu baik juga untuk orang yang berbeda golongan darahnya.

Menurut D’Adamo,yang juga seorang dokter naturopati percaya bahwa golongan darah Anda juga menentukan kerentanan Anda terhadap penyakit tertentu dan bagaimana Anda harus berolahraga.

Para pakar kesehatan mengatakan bahwa kurangnya bukti yang mendukung teori D’Adamo tentang diet berdasarkan golongan darah. Diet ini mungkin sesuai bagi orang yang tidak mau repot menghitung kalori atau lemak untuk melaksanakan dietnya.

Sementara bagi yang lain mungkin merasa sulit untuk tetap dalam batas-batasan diet ini, tantangan juga akan makin besar jika lebih dari satu orang dalam rumah tangga mengikuti diet dan memiliki golongan darah yang berbeda.

 

Makanan Apa yang Tepat Sesuai Diet Golongan Darah

Apa yang Anda bisa makan dan bagaimana Anda berolahraga dalam melakukan diet ini tergantung pada siapa Anda.

Jika Anda termasuk dalam golongan darah O kata D’Adamo, golongan darah ini akan mendapatkan keuntungan dari metabolisme tubuh dengan mengkonsumsi daging tanpa lemak, unggas, dan ikan. Untuk golongan darah ini disarankan untuk membatasi biji-bijian, roti, dan kacang-kacangan, dan cocok untuk melakukan olahraga berat.

Tipe A kata D’Adamo untuk golongan darah ini lebih baik mempunyai pola makan yang mengandung protein kedelai, biji-bijian, dan sayuran organik dan melakukan olahraga ringan.

Tipe B memiliki sistem pencernaan toleran dan dapat mengkonsumsi susu rendah lemak, daging, dan menghasilkan tetapi harus menghindari gandum, jagung, dan lentil, D’Adamo mengatakan. Jika Anda tipe B, itu sebaiknya Anda berolahraga cukup.

Golongan darah AB memiliki saluran pencernaan sensitif dan harus menghindari ayam, daging sapi, dan babi tetapi bisa mengkonsumsi makanan laut, tahu, susu, dan produk sejenis. Untuk mendapatkan kebugaran golongan AB dianjurkan untuk melakukan olahraga relaksasi

Bagaimana Diet Ini Bekerja

D’Adamo menolak gagasan bahwa satu jenis diet cocok untuk semua. Dengan empat golongan darah yang unik, mengapa kita tidak memiliki empat rencana diet khusus kata D’Adamo

Diet yang tepat untuk tipe darah Anda dipengaruhi oleh lektin,yaitu protein makanan yang dicerna oleh setiap golongan darah dengan cara yang berbeda

Jika Anda makan makanan yang mengandung lektin yang tidak sesuai dengan golongan darah maka akan mungkin maka tubuh mengalami peradangan, kembung, metabolisme lebih lambat, bahkan penyakit seperti kanker. Cara terbaik untuk menghindari efek negatif ini yaitu dengan cara memilih makanan yang cocok dan sesuai dengan golongan darah Anda.

Semua jenis makanan terbagi ke dalam tiga kategori pada Diet Golongan Darah yaitu :

  1.  Sangat bermanfaat
  2.  Netral
  3.  Dihindari

Makanan yang termasuk dalam kategori bermanfaat artinya makanan tersebut juga bermanfaat seperti obat, makanan yang netral seperti makanan biasanya, sementara makanan yang harus dihindari akan mempunyai efek seperti racun, kata D’Adamo.

D’Adamo tidak mengatakan menghindari sayuran dan buah, misalnya tapi rekomendasi yang khusus berdasarkan golongan darah tidak bisa dibuktikan secara ilmiah karena tidak memiliki data pendukung.

Para Ahli juga membantah teori D’Adamo’s bahwa ada hubungan antara jenis darah tertentu dan penyakit tertentu. Meskipun teori ini telah lama diteliti, namun tidak ada kesimpulan telah dicapai

Namun bagaimana pun juga diet berdasarkan golongan darah belum bisa dipastikan karena teori ini tidak memiliki data pendukung yang menjadi dasar teori ini secara ilmiah




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10