Makanan untuk Penderita Asam Urat Yang Harus Dihindari

Makanan Untuk Penderita Asam Urat hampir sama saja seperti program diet, hanya saja bedanya tujuan mengkonsumsi makanan tertentu adalah agar penderita asam urat dapat mengurangi dampak dari penyakit asam urat yang mereka derita dengan cara mengikuti pola makan atau program diet yang sudah disusun sedemikian rupa. Hal tersebut dikarenakan penyakit asam urat disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat yaitu terlalu banyak mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat purin.

 

Apa Itu Zat Purin?
Tentu saja kebanyakan dari Anda tidak terlalu familiar dengan istilah ini dan bahkan beberapa dari Anda dapat menyangkal bahwa Anda tidak pernah mengkonsumsi sesuatu seperti purin. Well, zat purin bukanlah jenis zat yang bisa Anda temukan di menu makanan manapun tapi zat ini banyak terdapat di dalam makanan-makanan yang Anda konsumsi setiap hari terutama makanan-makanan yang berasal dari makhluk hidup. Dengan kata lain, Anda perlu mengkonsumsi zat purin karena tubuh memerlukan zat tersebut untuk proses metabolisme tubuh tapi jika mengkonsumsi secara berlebihan maka justru penyakit yang akan muncul, salah satunya adalah penyakit asam urat ini.

 

Diet Program untuk Para Penderita Asam Urat
Berbicara mengenai Makanan Untuk Penderita Asam Urat maka akan banyak sekali daftar larangannya. Semakin Anda berumur lebih baik Anda memastikan betul tentang beberapa hal, terutama menu makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Jeroan, seafood, makanan kaleng, makanan bersantan serta makanan kaya protein dan lemak adalah jenis-jenis makanan yang seorang penderita asam urat harus hindari. Beberapa sayuran seperti asparagus, buncis, kembang kol, kangkung, daun papaya serta kacang-kacangan juga semestinya dihindari atau dikurangi konsumsinya karena kadar zat purin dalam sayuran-sayuran tersebut cenderung lebih tinggi dari sayuran yang lainnya.

 

Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa semakin Anda berumur, lebih baik semakin perhatikanlah pola makan Anda. Namun tentu sebenarnya tidak ada salahnya bagi Anda untuk memulai pola hidup sehat sejak dini. Walau Anda masih muda pastikan Anda hanya mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan bergizi yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh secara cukup, jangan terlalu berlebihan atau pula jangan terlalu kekurangan, karena kekurangan zat purin di dalam tubuh juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Dan bagi para penderita asam urat, pastikan Anda memperhatikan pola makan ada serta mengkonsumsi jenis makanan yaitu Makanan Untuk Penderita Asam Urat.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10