Manfaat Aromaterapi

Manfaat aromaterapi hampir sama dengan manfaat obat herbal atau kimia. Hanya saja, aromaterapi mungkin lebih memiliki kemiripan dengan obat- obatan herbal, yaitu sama- sama alami.

Apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari aromaterapi?

Selama ini, banyak diantara kita yang mungkin masih menganggap fungsi aromaterapi hanyalah untuk relaksasi semata atau hanya sekadar pelepas stres dan penat. Padahal, aromaterapi boleh dibilang memiliki sejuta manfaat untuk umat.

Aromaterapi bisa dipergunakan sebagai “obat” kulit. Kita yang bermasalah dengan kulit, bisa kulit kepala, wajah, atau badan, dapat menggunakan aromaterapi untuk perawatan. Caranya sangat mudah, cukup dengan mencampurkan ekstrak bunga tea tree beberapa tetes ke dalam air yang kita pergunakan untuk mandi atau keramas. Gunakan secara teratur dan lihat hasilnya dalam beberapa waktu.

Manfaat aromaterapi yang lain adalah untuk meningkatkan semangat. Bagi kita yang mungkin kurang bersemangat dan tipe orang moody dalam mengerjakan tugas, aromaterapi jenis lemon mungkin bisa kita pakai. Bagaimana caranya? Mudah juga. Cukup dengan menjadikan ekstrak buah lemon tersebut sebagai pengharum ruangan. Kita bisa membuatnya sendiri, namun bisa juga membelinya. Bila kita membelinya, kemungkinan besar aromaterapi jenis lemon tersebut sudah tercampur dengan bahan kimia yang lain (tidak asli), meski memang lebih praktis. Pun sebaliknya, bila kita membuatnya sendiri.

Selain dua manfaat di atas, ada lagi manfaat dari aromaterapi yang mungkin sangat berguna untuk wanita. Cypress adalah aromaterapi khusus untuk wanita hamil dan wanita yang sedang datang bulan. Gunanya untuk mengurangi bengkak-bengkak dan rasa nyeri. Cara penggunaannya cukup mudah. Hanya dengan menyampurkan beberapa tetes aromaterapi jenis tersebut dalam air yang kita buat untuk berendam. Selanjutnya, efek ketenangan pun akan kita rasakan.

Dan, mungkin ini adalah manfaat dari aromaterapi yang paling umum, yaitu untuk relaksasi dan menghilangkan stres. Fungsi tersebut hampir dimiliki oleh semua jenis aromaterapi. Bisa juga dibilang bahwa fungsi dasar aromaterapi adalah untuk terapi atau melemaskan otot syaraf yang tegang.

Penjelasan tentang manfaat aromaterapi di atas hanyalah sedikit dari sekian banyak manfaat yang diberikan oleh aromaterapi. Bila kita ingin hidup sehat luar dalam, tak ada salahnya menggunakan semua aromaterapi di atas.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10