Manfaat Buah Blewah

Dalam mangkuk es buah, mungkin Anda akan menemukan buah blewah yang rasanya segar dan manis. Buah blewah mungkin kurang begitu dikenal di luar negeri dan harganya juga murah, tapi buah ini banyak digemari oleh masyarakat dalam negeri. Manfaat buah blewah juga tidak kalah dengan manfaat buah lainnya yang mungkin lebih terkenal di luar negeri.

Manfaat buah blewah yang berasal dari nutrisi yang dikandung blewah bahkan melebihi buah lainnya. Misalnya saja kandungan vitamin pada blewah. Vitamin A dan C yang ada pada blewah lebih tinggi dibandingkan pada buah lainnya yang mungkin lebih terkenal dan mahal itu. Vitamin A pada blewah sangat baik untuk kesehatan retina dan mata, vitamin ini juga berperan dalam mengontrol tekanan darah.

Vitamin C pada buah blewah juga sangat tinggi bila dibandingkan dengan buah-buah lain yang mahal itu. Vitamin C ini merupakan antioksidan alami yang dapat melawan berbagai akibat radikal bebas, seperti penuaan dini, berbagai penyakit keras, dan kanker. Vitamin C juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih kuat dalam menjaga kesehatan.

Bukan rahasia lagi bila vitamin E sangat baik untuk kesehatan kulit, begitu juga dengan vitamin E yang dikandung oleh buah blewah.

Selain kandungan vitaminnya yang tinggi, buah blewah mengandung isotonik dan air dalam jumlah yang tinggi. Kandungan isotonik dan air tadi dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat sehingga mencegah dehidrasi. Tak mengherankan bila buah blewah banyak dikonsumsi atau dijadikan menu tambahan selama bulan puasa.

Manfaat buah blewah yang tidak dimiliki buah pada umumnya adalah kandungan sedatifnya. Sedatif pada buah dapat membantu mengobati insomnia sehingga penderita insomnia dapat mudah tidur setelah rajin mengonsumsi buah ini.

Manfaat lain dari buah ini juga diperoleh dari antioksidan yang dikandungnya. Antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas pemicu berbagai macam penyakit. Gula yang dikandung dalam blewah pun merupakan gula fruktosa (lama hancur). Oleh karenanya, gula ini tidak akan menyebabkan diabetes.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10