Manfaat Buah Melon

Buah melon mungkin kurang terkenal dibandingkan saudaranya si semangka. Harganya juga murah, tidak seperti buah-buah lainnya. Namun, bukan berarti manfaat buah melon bisa dipandang sebelah mata.

Buah melon memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh, bukan hanya melawan radikal bebas seperti buah lainnya. Manfaat buah melon lebih dari itu. Berikut kandungan dalam buah melon beserta manfaatnya bagi tubuh.

1. Vitamin
Kandungan vitamin dalam buah melon termasuk lengkap dan semuanya sangat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

Vitamin C yang ada dalam buah melon tidak hanya berfungsi sebagai antioksidan, tapi juga berperan dalam pertumbuhan dan perawatan jaringan sel dalam tubuh. Secara tidak langsung, vitamin dalam buah ini membantu proses penyembuhan luka. Selain itu, vitamin ini juga baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Vitamin A dalam buah melon berperan dalam menjaga dan merawat retina, sehingga buah ini sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A juga sangat baik untuk kesehatan gigi, kulit, dan tulang. Berdasarkan penelitian, seseorang yang kekurangan vitamin A akan mengalami penurunan daya tahan tubuh.

2. Mineral
Mineral dalam melon sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Mineral ini dapat menyingkirkan keasaman dalam perut yang nantinya dapat mengganggu pencernaan. Mineral ini juga dapat menyembuhkan konstipasi.

3. Antikoagulan
Kandungan antikoagulan dalam buah melon dapat mencegah penggumpalan darah dalam tubuh, sehingga tubuh terhindar dari serangan stroke dan berbagai penyakit jantung.

4. Diuretic
Satu lagi manfaat buah melon yang tidak dimiliki oleh buah lain adalah buah ini memiliki kandungan diuretic yang dapat membantu penyembuhan sakit ginjal.

5. Karotenoid
Karotenoid dalam buah melon bermanfaat untuk mencegah kanker, dan hebatnya dapat mengurangi risiko kanker paru-paru.

6. Lycopene
Kandungan lycopene dalam buah melon dapat mencegah kerusakan sel serta mencegah serangan jantung.

Masih banyak manfaat buah melon, namun satu hal yang pasti, kandungan air dalam melon dapat memberikan kesegaran dan juga sangat baik untuk kulit kita.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10