Manfaat dan Khasiat Tusuk Jarum (Akupuntur) Untuk Kesehatan

Manfaat dan khasiat tusuk jarum (akupuntur) mungkin belum banyak dipahami dan diminati oleh masyarakat pada beberapa tahun atau dekade sebelumnya. Tetapi dewasa ini hal tersebut telah banyak dikenal luas oleh masyarakat. Bahkan makin banyak orang yang mulai beralih ke pengobatan jenis ini daripada berobat ke rumah sakit.

Sebenarnya, akupuntur adalah tusuk jarum yang prinsip pengobatannya dilakukan dengan merangsang titik tertentu pada bagian tubuh manusia. Ada beberapa versi dari akupuntur, misalnya acu-pressure yaitu akupuntur dengan cara dipijat, moksibasi atau moksa dilakukan dengan cara pembakaran, dan aquapuncture yang dilakukan dengan suntikan air. Jarum yang dibuat untuk akupuntur terbuat dari baja antikarat tipis. Saat ini, jarum masih diterapkan untuk semua umur untuk mengobati berbagai macam keluhan penyakit. Mari kita dalami lagi manfaat dan khasiat dari akupuntur.

Mengurangi Rasa Nyeri
Akupuntur dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa nyeri akibat sakit kepala kronis. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa akupuntur dapat mengurangi gangguan migrain, tegang pada kepala, dan berbagai macam gangguan sakit kepala lain dan hasilnya lebih efektif dibandingkan dengan mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri. Selain itu, akupuntur juga bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri setelah operasi di kepala, kanker leher, nyeri saat haid, nyeri hamil, mengurangi efek kemoterapi seperti mual, dan juga rasa sakit pada gejala menopause.

Meningkatkan Tingkat Kesuburan
Sebenarnya, tujuan untuk meningkatkan kesuburan dengan akupuntur adalah untuk meningkatkan vitalitas seksual pria dan wanita, meningkatkan produksi dari sel telur dan sperma agar kualitasnya baik, sekaligus untuk meningkatkan sirkulasi darah di daerah rahim dan sekitarnya.

Manfaat dan khasiat tusuk jarum (akupuntur) lainnya adalah meningkatkan aliran darah ke uterus agar mulut rahim menjadi rileks serta menghambat hormon stres yang dapat mengganggu proses embrio menjadi calon janin. Dari hasil polling, diketahui bahwa akupuntur ini dapat membantu mencampurkan sperma dan sel telur menjadi embrio didalam rahim.

Untuk Menghaluskan Kulit
Manfaat lain dari akupuntur untuk dunia kecantikan dilakukan dengan merangsang sistem syaraf yang menimbulkan reaksi setempat untuk meningkatkan peredaran darah dan produksi kolagen agar dapat bertambah. Untuk kecantikan, akupuntur bermanfaat untuk mengencangkan kulit, mengurangi garis-garis halus atau keriput di wajah, mengatasi kantong mata dan lingkaran hitam di bawah mata, mengobati jerawat, mencerahkan kulit wajah dan mengecilkan pori-pori, membuat mata menjadi cemerlang dan mengangkat kelopak mata, meningkatkan aliran darah pada kulit, meningkatkan hormon kolagen dan mengatasi kerontokan rambut.

Melangsingkan Tubuh
Akupuntur juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Yaitu dengan menargetkan bagian otak thalamus dan hypothalamus yang keduanya berperan dalam mengatur masalah lapar, haus, detak jantung, mengatur jam tidur, hasrat seksual, sistem pencernaan, serta mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Dengan melakukan penusukan jarum pada kedua bagian tersebut, maka keinginan untuk makan pun dapat dikendalikan. Seorang praktisi akupuntur menjelaskan bahwa penusukan pada titik tersebut dapat membuat orang yang biasanya makan 2 piring akan makan satu piring saja. Dan orang tersebut akan mual jika memaksakan diri. Jika ingin melakukan akupuntur untuk melangsingkan tubuh secara lebih efektif, penusukan dilakukan pada bagian tubuh yang banyak lemaknya seperti lengan, paha, dan perut.

Untuk Meningkatkan Efektifitas Obat-Obatan
Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa pengurangan dosis dan ditambah dengan akupuntur dapat mengurangi efek samping obat seperti rasa mual, perubahan berat badan dan juga menurunkan dorongan seksual. Bukan hanya itu, akupuntur juga bermanfaat untuk meniadakan efek radiasi yang ditimbulkan saat dilakukan terapi. Disini, akupuntur dapat berguna untuk mengurangi beberapa efek samping yang terjadi terutama gangguan mulut kering dan rasa mual yang sering terjadi bila seseorang sering menerima radiasi pada bagian leher dan kepala. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa pasien yang menjalani pengobatan radiasi memiliki efek lebih kecil dalam hal efek samping negatif dari adanya radiasi, meskipun efek samping itu masih ada. Hanya saja, efeknya tidak terlalu berat bila tidak dibarengi dengan akupuntur.

Manfaat ini mungkin saja diperoleh karena akupuntur merupakan terapi alternatif yang melibatkan penggunakaan jarum dengan merangsang titik-titik tertentu dalam tubuh sehingga terjadi aktifitas dalam tubuh yang dapat membantu tubuh untuk mengobati diri sendiri. Untuk mendapatkan manfaat ini, penusukan jarum dalam teknik akupuntur dapat digunakan untuk membersihkan sumbatan dan memulihkan kesehatan pasien agar aliran darah dapat mengalir lancar. Dengan melakukan perangsangan melalui titik-titik akupuntur pada permukaan kulit, maka pada bagian tertentu tubuh kita akan memiliki perbedaan tekanan listrik, gelombang udara, dan juga kepadatan jaringan syaraf yang pada gilirannya sangat baik untuk membantu memulihkan keadaan pasien dengan mengambil manfaat dan khasiat tusuk jarum (akupuntur).




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10