Manfaat Teh Untuk Pencernaan

Minum teh, apa pun jenisnya, membawa banyak kebaikan. Tak hanya bagi kesehatan fisik, kesehatan mental juga bisa didapat dari minum teh. Salah satu kebaikan bagi kesehatan fisik adalah kesehatan pencernaan. Apa saja manfaat teh untuk pencernaan ini? Mari kita bahas semuanya.

Manfaat teh untuk pencernaan sudah dikenal sejak lama. Ini bisa dilihat dari kebiasaan orang dulu yang menggunakan teh hitam pahit sebagai obat sakit perut (diare). Berikut ini adalah manfaat-manfaat lain dari berbagai jenis teh bagi kesehatan pencernaan.

• Teh jahe untuk mengatasi masalah-masalah pencernaan. Teh yang satu ini dibuat dengan menambahkan potongan-potongan jahe ke dalam air teh hitam mendidih. Khasiatnya adalah untuk mengatasi berbagai macam keluhan pencernaan. Seperti misalnya diare, perut kembung, dan perut yang dingin.

• Teh peppermint untuk mengatasi masalah-masalah pencernaan. Seperti teh jahe, teh peppermint juga mempunyai khasiat untuk mengatasi permasalahan kesehatan pencernaan (seperti mengurangi pembentukan gas perut). Bedanya, teh peppermint tidak ditambahkan pada daun teh tetapi langsung dibuat teh (diseduh dengan air panas).

• Teh chamomile untuk mengatasi masalah-masalah pencernaan. Teh chamomile dibuat dengan menambahkan bunga chamomile pada teh hijau atau teh hitam saat diseduh dengan air panas. Teh jenis ini mampu mengatasi permasalahan pencernaan yang berhubungan dengan peradangan organ pencernaan.

• Teh daun jati cina (teh daun senna) untuk melancarkan proses pencernaan. Teh daun jati cina atau teh daun senna sudah terbukti khasiatnya dalam melancarkan pencernaan. Untuk yang susah buang air besar dan ingin membersihkan organ-organ pencernaan, teh jenis ini bisa digunakan. Karena khasiat peluruh itulah, teh ini sering dipakai sebagai teh pelangsing. Teh daun jati cina atau teh daun senna terbuat hanya dari daun senna tanpa tambahan daun teh lainnya.

• Teh lemon balm (Melissa officinalis) untuk mengatasi masalah-masalah pencernaan. Teh yang satu ini terbuat dari daun tanaman lemon balm (Melissa officinalis). Khasiatnya adalah untuk memulihkan vitalitas, gangguan pencernaan, serta menyejukan saraf-saraf yang tegang. Teh jenis ini biasa
dikonsumsi orang-orang Mediterania.

• Teh dandelion untuk meningkatkan efektivitas pencernaan. Teh yang satu ini terbuat dari seluruh bagian tanaman dandelion. Bisa daun, batang, bunga, hingga akarnya. Teh jenis ini banyak mengandung vitamin A, C, D, dan B kompleks serta zat besi potasium, dan seng. Dengan kandungannya ini,
teh dandelion berkhasiat banyak terhadap pencernaan. Misalnya saja adalah menyehatkan lambung, meningkatkan nafsu makan, mengurangi pembentukan gas perut, melancarkan buang air besar, dan membuat kenyang.

• Teh hijau untuk melancarkan proses pencernaan. Khasiat teh ini mirip dengan teh daun jati cina. Akan tetapi, teh hijau memiliki kelebihan, yaitu kaya akan antioksidan yang bermanfaat sebagai penangkal berbagai macam kanker. Misalnya saja kanker usus dan kolon.

Itulah beberapa di antaranya manfaat teh untuk pencernaan. Silahkan pilih jenis teh yang paling Anda sukai. Semoga bermanfaat.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10