Memilih Krim Sunscreen Yang Tepat

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia membuat kita di anugerahi sinar matahari melimpah. Sinar matahari akan membantu pembentukan kalsium pada tulang. Tapi sinar matahari yang sehat itu hanya berlangsung sampai jam sembilan pagi saja. Di atas jam sembilan pagi sinar matahari sudah terik memanggang kulit. Terlalu lama terpapar sinar matahari bisa membuat warna kulit kita lebih gelap. Flek hitam pun bisa muncul di wajah. Dan yang termasuk parah adalah sinar matahari bisa memicu munculnya kanker kulit. Padahal tentu kita ingin bisa beraktivitas tanpa perlu takut dengan efek samping sinar matahari.

Jadi bisakah kita menikmati sinar matahari tanpa terkena efek negatifnya? Tentu saja bisa. Kuncinya ada pada memilih krim sunscreen yang tepat. Sunscreen atau tabir surya adalah krim yang bisa membantu kulit kita menangkal sinar UVA dan UVB dari sinar matahari.

Beberapa bedak dan pelembab dibuat sudah mengandung sunscreen. Produk ini bisa digunakan bila kita tidak terlalu lama terpapar sinar matahari. Tapi kalau kita berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama, lebih baik menggunakan sunscreen krim yang khusus dibuat sebagai tabir surya.

Banyak sekali jenis dan merk sunscreen di pasaran. Supaya efek pemakaiannya optimal kita harus memilih sunscren yang tepat. Misalnya untuk kulit yang berminyak lebih baik menggunakan sunscreen dalam bentuk lotion atau gel. Sunscreen krim yang berbahan dasar minyak bisa memicu timbulnya jerawat serta komedo.

Sunscreen dengan SPF tinggi punya daya pelindung lebih kuat dan lama. Sunscreen sebaiknya digunakan satu jam sebelum kita terpapar sinar matahari. Setelah itu pemakaian sunscreen bisa diulang setiap dua atau tiga jam sekali.

Bila kita ingin menggunakan sunscreen untuk kegiatan di air seperti berenang, sebaiknya kita memilih sunscreen yang tahan air. Supaya sunscreen yang kita pakai bisa lebih tahan lama. Kita pun tidak terlalu repot harus mengulang pemakaian sunscreen.

Jadi setelah tahu cara memilih sunscreen yang tepat, kita bisa bebas melakukan aktivitas di luar rumah.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10