Mengenal Botox

Wajah Anda mulai terlihat berkerut dan mulai nampak garis halus tanda penuaan?  Jangan galau berlebih, karena saat ini ada salah satu prosedur kecantikan yang lagi tren yakni dengan Botox. Sebenarnya Botox ini adalah toksin, yakni botulinum toksin tipe A atau dikenal sebagai onabotulinumtoxin A. Nah toksin ini diproduksi oleh bakteri yang sebabkan botulisme keracunan makanan, namun saat disuntikkan dalam dosis kecil pada otot wajah tertentu, malah akan menjadi relaksan otot dan ini berefek pada beberapa bulan ke depan.

Biasanya dikenal ada dua bentuk obat toksin botulinum, yaitu Botox dan Botox Cosmetic. Yang sebenarnya Botox itu lebih tepat digunakan untuk masalah kesehatan tertentu. Namun setelah mengalami pengembangan fungsinya, Botox malah lebih dikenal sebagai Botox Cosmetic yang biasanya digunakan untuk mengoreksi kerutan wajah. Mekanisme kerja suntikan Botox yakni menghambat sinyal kimia tertentu dari saraf  yang sebabkan otot kontraksi juga kelumpuhan otot yang ditargetkan, namun berefek terapis atau kosmetik.

Mengenal Botox biasanya untuk  urusan keriput wajah atau memperlambat proses penuaan. Dengan cara melumpuhkan otot, sehingga otot berhenti berkontraksi. Hampir 80% tingkat keberhasilan Botox ini, sehingga wajah bisa terlihat sedap dipandang mata dan terkurangi keriputnya, dalam satu minggu hasilnya akan terlihat luar biasa, juga bertahan 3 bulan lagi.

Selain berfungsi baik pada wajah, ternyata Botox juga bisa digunakan untuk mengobati kondisi lain, seperti disfungsi kandung kemih, masalah dasar panggul juga nyeri di punggung dan lain sebagainya. Botox juga disetujui sebagai treatment sementara untuk kerutan bersifat sedang sampai parah di antara kedua alis. Namun satu hal yang tak bisa dihasilkan sempurna oleh metode Botox ini yakni kerutan atau keriput karena terkena sinar matahari.

Pernahkah Anda mengalami kejang pada kelopak mata, atau kedutan mata yang sangat mengganggu? Salah satu solusi yang ditawarkan untuk sembuhkannya dengan metode  Botox ini. Juga bila mengalami sakit leher dan posisi kepala abnormal yang ada hubungannya dengan kejang otot yang parah pada leher (cervical dystonia), Botox ini bisa jadi alternatif pengobatannya.  Botox treatment biasanya diberikan pada pasien tanpa obat bius, bisa disuntikkan selama 20 menit dan pasien langsung bisa pulang. Inilah sekilas mengenal Botox, semoga bermanfaat.

 




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10