Mengenal dan Menghilangkan Kutil

Apakah Anda baru menderita penyakit kulit Wart atau kutil? Pastilah serasa tak nyaman, sangat mengganggu meski sebenarnya tidak berbahaya. Melihat bentuknya yang beragam, dari benjolan kecil sampai besar dan bisa menyebar ke bagian tubuh kita. Ini secara umum bisa dikatakan sebagai tumor kecil, teksturnya kasar yang bisa serupai kembang kol atau blister padat. Bila terjadi di telapak kaki atau jari-jari kaki dikenal dengan sebutan verruca. Berbahayakah kutil ini? Untuk itulah ada baiknya kita  mengenal dan menghilangkan kutil, agar penanganannya bisa tepat.

Kutil ini disebabkan oleh virus, biasa disebut HPV (human papilloma virus), dan menyerang lapisan kulit, dan infeksi kulit ini bisa menular pada orang lain atau diri si penderita bila bersentuhan secara langsung pada kulit terinfeksi. Memang, dalam beberapa bulan kutil ini bisa hilang, namun bisa bertahun-tahun pula. Menggunakan barang-barang pribadi secara bergantian seperti handuk, pakaian, pisau cukur dan sebagainya akan memberi peluang tertular kutil ini.

Mengenal dan menghilangkan kutil bisa dengan cara menghindari penularannya, yakni jangan coba-coba memegang kutil sendiri dan orang lain, jangan memakai bersamaan barang pribadi. Bila harus berjalan di tempat lembap atau basah diupayakan memakai alas kaki, Jagalah diri kita terhadap iritasi pada telapak kaki, seperti tergores atau terluka. Bila terjadi upayakan dirawat dengan segera karena akan memudahkan virus kutil masuk pada kulit kulit yang iritasi tersebut.

Apakah kutil bisa dihilangkan? Tentu saja bisa, apalagi dengan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita. Anda bisa mencoba cuka, yang biasa untuk bumbu masakan. Cuka disinyalir dapat mengandung bahan yang dapat merusak jaringan pertumbuhan kutil, sehingga diharapkan kutil bisa lepas sampai keakar-akarnya. Hanya dengan oleskan cuka dengan kapas, selama 3-4 minggu bisa jadi kutil akan lepas sampai akar.

Ternyata  sabun colek dan deterjen dapat sembuhkan kutil ini.. Kedua bahan tadi dicampur dengan takaran perbandingan 1:1, saat dioleskan dengan cotton bud diharapkan kutil mengering dan akhirnya copot sendiri. Daun dewa yang dihancurkan juga ampuh saat dibalurkan pada kutil. Begitu juga dengan biji jali, dengan cara direbus dengan 6 gelas , sehari dimunum 2 kali, setiap minum satu gelas. Itulah beberapa obat tradisional yang dimungkin bisa obati kutil sampai akar. Upayakan rutin mengobatinya. Dengan mengenal dan menghilangkan kutil diharapkan kita lebih mudah dalam mengatasi penyakit kulit ini.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10