Mengenal Jenis-Jenis Penyakit Batuk

Jangan menganggap enteng batuk karena ada beberapa Jenis-Jenis Penyakit Batuk yang dapat mengganggu aktifitas anda bahkan untuk jangka waktu yang sangat lama. Mengenal berbagai jenis Penyakit ini akan sangat bermanfaat untuk anda karena dengan demikian anda dapat mengetahui cara mengatasinya dengan efektif. Berikut adalah Jenis-Jenis Penyakit Batuk yang harus Anda ketahui.

 

Jenis-Jenis Penyakit Batuk Secara Umum
Secara umum, kita dapat mengelompokkan penyakit batuk menjadi 2, yaitu batuk produktif dan batuk tidak produktif. Pengelompokan ini didasarkan pada ada dan tidaknya dahak yang diproduksi oleh si penderita.

- Batuk Produktif
Masyarakat luas pada umumnya Mengenal Penyakit ini dengan sebutan batuk berdahak. Batuk berdahak adalah batuk yang disertai dengan dihasilkannya dahak. Batuk berdahak sangat mengganggu karena terasa gatal dan dahak akan keluar seiring dengan batuk. Hal ini membuat orang yang sedang mengalaminya harus bolak-balik membuang dahak setiap kali batuk. Hal ini tentu saja merepotkan terutama bagi mereka yang harus tetap beraktivitas saat batuk sedang menyerang.

Untuk mengatasi batuk berdahak, pilihlah obat batuk khusus untuk batuk berdahak. Perawatan di rumah juga dapat dilakukan dengan cara menghirup uap panas atau dengan banyak minum air putih hangat.

- Batuk Tidak Produktif
Batuk tidak produktif, atau batuk tidak berdahak atau disebut juga batuk kering, adalah jenis batuk yang tidak disertai produksi dahak yang berlebihan. Gatal di tenggorokan biasanya dialami oleh si penderita dan sangat mengganggu aktivitas. Untuk mengatasinya, minum obat batuk khusus untuk batuk kering, dan minum banyak air putih.

 

Jenis-Jenis Penyakit Batuk Lainnya
Batuk ada juga yang dikelompokkan berdasarkan berapa lama batuk tersebut bertahan yaitu:
- Batuk Akut
Batuk akut merupakan jenis batuk yang berlangsung kurang dari 2 minggu. Batuk jenis ini biasanya disebabkan oleh masuk angin, influenza, atau infeksi sinus.

- Batuk Kronik
Batuk kronik merupakan jenis batuk yang bertahan selama lebih dari 2 minggu, bahkan ada juga yang menahun. Jenis batuk ini juga terjadi secara berulang. Penyebab batuk kronik antara lain adalah asma, TB, dan batuk rejan. Batuk rejan dapat dicegah sejak dini dengan cara memberikan imunisasi DPT. Cara mengatasinya adalah dengan segera menghubungi dokter agar tidak menjadi terlalu parah.

 

Dengan mengetahui jenis-jenisnya, maka saat Anda terserang batuk ada dapat mencari dan memberikan pengobatan yang tepat sesuai dengan jenis-jenis penyakit batuk yang Anda derita.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10