Mengenal Nyeri Sendi Kaki dan Pencegahannya

Nyeri Sendi Kaki yang terjadi setelah cidera jangan dianggap enteng. Definisi sendi kaki disini adalah bagian tubuh dari pergelangan kaki sampai ujung jari. Semua orang tahu bahwa di kaki, tepatnya di telapak kaki banyak sekali terdapat saraf-saraf motorik, namun selain itu terdapat beberapa sendi kaki yang sangat berpengaruh sekali untuk menopang tubuh. Di banyak kasus, para dokter salah menafsirkan bahwa nyeri yang terjadi di kaki adalah akibat keseleo biasa sehingga hanya dengan dilakukan beberapa kali terapi sudah cukup, namun pada kenyataannya ada bagian sendi kaki yang dikenal dengan sebutan tulang metatarsal, jika sendi kaki ini bergeser maka awalnya akan terjadi nyeri tapi lama kelamaan nyeri itu berubah menjadi rasa sakit dan kaki tidak akan mampu menopang tubuh lagi.

Mengenal Gejala Nyeri Sendi Kaki dan Penyebabnya

Penyakit yang ditandai dengan adanya rasa Nyeri Sendi Kaki bisa bermacam-macam jenis penyakitnya begitu pula penyebabnya. Salah satu kasus yang sering terjadi terutama pada atlet adalah stress metatarsal. Hal ini bisa disebabkan karena adanya tegangan pada kaki akibat latihan ekstrim dan penggunaan sepatu yang tidak tepat.

Cidera ini pada awalnya tidak berbahaya bahkan mungkin tidak terasa, namun jika kondisi latihan ekstrim dan penggunaan sepatu yang tidak tepat terus berlanjut tanpa dilakukan pencegahan atau pengobatan terhadap stress metatarsal maka akan mulai muncul gejala seperti rasa sakit atau berdenyut hanya di belakang jari-jari kaki karena disana terletak tulang metatarsal keempat yang cenderung rentan terhadap cidera jenis ini.

Jika Nyeri Sendi Kaki akibat Stress Metatarsal Berlanjut

Jika nyeri berlanjut maka diperlukan tindakan lebih lanjut seperti menghubungi dokter spesialis tulang yang tau bagaimana memperlakukan kaki yang mengalami stress metatarsal. Secara umum, kaki yang tulang metatarsalnya mengalami stress harus diistirahatkan, tidak hanya dari kegiatan olahraga ekstrim tapi juga dari kegiatan sehari-hari. Kondisi ini dapat bertahan selama enam minggu bahkan dapat lebih dari itu yaitu mencapai waktu tiga bulan. Jika kondisi memang cukup parah, bisa saja dalam waktu tiga bulan kaki harus diistirahatkan secara total.

Untuk pencegahan pastikan Anda memakai sepatu yang tidak hanya nyaman tapi juga tepat untuk segala jenis kegiatan anda. Sepatu yang terlalu sempit juga dapat menekan saraf motorik yang banyak terdapat pada telapak kaki sehingga dapat menyebabkan pembengkakan pada saraf kaki yang kemudian juga dapat mempengaruhi sendi sehingga muncullah rasa Nyeri Sendi Kaki.

 




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10