Mengenal Penyakit Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit yang menyerang hati. Penyebabnya bukan saja karena virus tetapi bisa pula karena terpapar bahan-bahan kimia, mengingat fungsi hati adalah menetralkan racun tubuh. Hepatitis yang terjadi lebih dari enam bulan disebut dengan hepatitis kronis sedangkan hepatitis kurang dari 6 bulan disebut hepatitis akut.

Penyakit hepatitis yang umum dijumpai adala hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C. Ada pula hepatitis D dan hepatitis E. Hepatitis A dikenal sebagai penyakit radang hati. Penyebabnya adalah obat-obatan, alkohol, bahan kimia dan penyakit autoimun, bisa juga karena virus hepatitis A. Penularan virus ini bisa melalui makanan dan minuman yang disajikan oleh penderita hepatitis A. Bisa pula dari air yang sering digunakan untuk mengolah makanan, dimana penyaji makanan kurang memperhatikan kehigienisannya. Misalnya kurang bersih ketika mencuci tangan setelah buang air besar. Virus ini juga bisa menular melalui air liur.

Hepatitis B disebabkan oleh virus yang termasuk dalam kelompok hepadnavirus yang terdiri atas nucleocapsid core (HBcAg) dimana bagian luarnya dikelilingi lipoprotein yang berisi antigen (HBsAg). Hepatitis B sulit untuk disembuhkan secara total karena virus hepatitis B menggabungkan DNA-nya dengan DNA penderita. Virus ini berkembang biak dalam hati.

Hepatitis C merupakan penyakit yang berbahaya yang bisa menyebabkan kematian. Bisa menular melalui makanan dan minuman, terutama daging yang dimasak setengah matang. Hindari berganti-ganti barang pribadi seperti sikat gigi, dan peralatan makan, tidak menjalankan pola hidup teratur misalnya makan yang tidak teratur, kurang istirahat dan mengonsumsi junk food. Hepatitis C pada umumnya baru diketahui ketika penderita sudah dalam kondisi kronis karena memang gejalanya tidak tampak dan tidak terasa. Hal inilah yang menyebabkan sulit disembuhkan.

Namun apabila jeli, beberapa gejala yang bisa dijadikan acuan adalah penderita merasa mudah lelah dibandingkan orang pada umumnya, nafsu makan berkurang dalam waktu yang lama, dan air seni berwarna pekat. Untuk itu, apabila telah mengalami gejala seperti ini, hendaknya segera memeriksakan diri ke dokter dan periksa ke laboratorium.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10