Mengenal Titik Akupuntur dan Cara Kerja Terapi Akupuntur

Bangsa Cina telah mengenal titik akupuntur sejak beribu tahun yang lalu untuk tujuan pengobatan. Melalui titik-titik akupuntur tersebut, para praktisi akupuntur mencoba mengobati seseorang dengan membebaskan energi yang terperangkap yang menjadi penyebab penyakit di dalam tubuh si penderita. Di dalam tubuh manusia, terdapat lebih dari 2.000 titik akupuntur yang terbagi menjadi 14 meridian atau saluran utama; 12 meridian tertuju pada masing-masing dari 12 organ tubuh, 1 meridian terdapat di sepanjang perut, dan 1 meridian lagi di sepanjang tulang belakang.


Cara Kerja Pengobatan Melalui Titik Akupuntur

Semua orang tahu bahwa akupuntur adalah cara pengobatan tradisional Cina yang umumnya menggunakan jarum khusus sebagai alat untuk menyentuh titik-titik yang merujuk pada sumber penyakit. Ilmu pengobatan Cina percaya bahwa penyakit yang timbul di dalam tubuh selalu disebabkan oleh aliran energi yang tidak lancar ke seluruh bagian tubuh. Sehingga, bagian tubuh yang tidak teraliri energi secara sempurna (Yin dan Yang) akan mengalami gangguan kesehatan.

Dengan menusukkan jarum khusus ke titik akupuntur yang tepat, aliran energi atau Qi dapat dimanipulasi melalui titik akupuntur tersebut, sehingga energi Yin dan Yang dapat seimbang dan memulihkan kesehatan. Seorang ahli akupuntur yang mengenal titik akupuntur dengan baik, membutuhkan beberapa kali terapi untuk berhasil menyelaraskan energi Yin dan Yang dalam diri seseorang. Selain itu, terapi akupuntur juga bisa memberi keseimbangan pada emosional setelah penyakit fisik dapat disembuhkan. Untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit datang kembali, si penderita yang telah sembuh hendaknya memiliki gaya hidup sehat dengan makan makanan bergizi dan olah raga teratur agar aliran energi dalam tubuh bisa tetap seimbang.

Beberapa Titik Akupuntur Dalam Tubuh

Salah satu contoh titik akupuntur yang paling sering diterapi adalah titik di antara ibu jari dan telunjuk, di sisi belakang tangan. Titik ini adalah meridian usus besar yang bisa berpengaruh di area tangan hingga wajah. Terapi pada titik ini akan membantu mengatasi sembelit dan penyakit pada usus lainnya. Selain itu, terapi di titik ini juga bisa membantu mengurangi rasa sakit, rasa seperti terbakar, dan juga demam terutama di area tenggorokan hingga kepala.

Selain itu, apabila Anda punya keluhan tekanan darah tinggi, pilek, flu, sakit kepala, leher, dan demam, terapis akupuntur akan menerapi titik meridian kandung empedu hingga dasar tengkorak kepala. Mungkin Anda juga perlu mengenal titik akupuntur yang mudah dijangkau sehingga Anda bisa mengobati diri sendiri dengan memperlancar aliran energinya dengan menggunakan tangan sebagai alat (atau sering disebut akupresur).




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10