Mitos dan Fakta Seputar Diet

Ada banyak mitos yang beredar seputar diet yang sering dipercaya bahkan dilakukan oleh orang yang sedang menjalani program diet. Namun faktanya banyak dari mitos tersebut tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Lalu apa saja yang termasuk mitos dan fakta seputar diet, berikut ulasannya :

  1. Makan di malam hari membuat tubuh gemuk.
    Tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa makan larut makan mengakibatkan penambahan berat badan. Sebagaimana kita tahu penyebab naiknya berat badan adalah banyaknya kalori yang masuk kedalam tubuh. Faktanya orang yang makan larut malam seringkali makan terlalu banyak dan memilih makanan yang berkalori tinggi. Namun demikian meskipun makan makanan yang benar sebelum tidur bisa menyebabkan gangguan pencernaan oleh karena itu biasakanlah makan lebih awal.
  2. Beberapa jenis gula memiliki keburukan dibanding jenis gula lainnya.
    Gula pasir, madu, dan gula jagung tinggi fruktosa memberikan kontribusi kalori antara 48 sampai dengan 64 sendok makan. Faktanya penelitian menunjukkan bahwa tubuh kita menyerap gula yang ditambahkan seperti gula jagung dan gula pasir dengan cara yang sama. Alih-alih menghindari satu jenis tertentu dari gula, cobalah untuk membatasi gula tambahan apapun, seperti yang ada di permen soda, permen, dan lainnya.
  3. Kopi tidak baik dikonsumsi saat diet.
    Ini adalah mitos diet terbaru. Faktanya kopi bila dikonsumsi dalam jumlah sedang yaitu2 sampai 3 cangkir sehari adalah bagian aman dari diet yang sehat dan memberikan kontribusi fitokimia antioksidan. Bahkan penelitian menunjukkan kopi dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2, batu empedu, penyakit Parkinson, bahkan beberapa jenis kanker. Walaupun demikian cek kalori kopi yang dikonsumsi dan hindari hiasan seperti krim, gula, dan sirup rasa.
  4. Kurangi Lemak
    Tubuh Anda memerlukan tiga nutrisi untuk berkembang: protein, karbohidrat, dan lemak. Faktanya lemak yang ditemukan dalam makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, alpukat, zaitun, dan susu rendah lemak memberi Anda energi, membantu membangun kembali sel, dan menghasilkan hormon yang dibutuhkan. Lemak yang harus dibatasi atau dihindari adalah lemak jenuh dan trans, ditemukan dalam makanan seperti mentega, susu tinggi lemak, daging merah, dan makanan olahan.
  5. Minum air banyak bisa mengurangi berat badan.
    Tidak ada keraguan air penting bagi tubuh Anda tapi untuk menjadi sarana menurunkan berat badan? Tidaklah tepat,  jika airyang di minumakan membuat Anda menjauhi minuman tinggi kalori, sudah pasti dapat membantu menurunkan berat badan. Tetapi menambahkan lebih banyak air untuk diet tanpa mengubah apa pun, tidak membuat perbedaan dalam menurunkan angka di timbangan.
  6. Hindari biji-bijian olahan.
    Kita tahu biji-bijian utuh baik untuk kita karena merekamengandung serat, vitamin, mineral, dan phytochemical. Itu tidak berarti anda harus menghindarisemua biji-bijian olahan. Kadang-kadang, seperti ketika tubuh anda pulih dari radang usus, biji-bijian olahan mungkin diperlukan. Dan beberapa di antaranya diproses dan diperkaya dengan asam folat. Meskipun biji-bijian utuh adalah pilihan sehat,namun anda juga dapat mengkonsumi sedikit biji-bijian olahan yang telah diproses dan diperkaya dengan vitamin.
  7. Karbohidrat menyebabkan berat badan naik.
    Berhenti percaya mitos diet. Tidak semua karbohidrat yang buruk untuk Anda. Tetapi sepertinya orang menurunkan berat badan dengan melakukan diet rendah karbohidrat.  Mereka hampir selalu dipastikan diet membatasi kalori juga,  tidak peduli berapa banyak kalori tersebut berasal dari lemak, protein, atau karbohidrat.

Tidak ada rahasia penurunan berat badan. Telah mengetahui sejak lama bahwa makan yang benar dan berolahraga adalah yang yang terpenting dalam menjalankan diet.

 

 




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10