Panduan Menu Diet Sehat

Program Menu Diet Sehat biasanya banyak dilakukan para wanita untuk menurunkan berat badan. Tetapi banyak juga yang menjalaninya untuk tujuan berbeda, yaitu untuk menjaga kesehatan atau sebagai bagian dari perawatan kesehatan karena mengidap penyakit tertentu. Banyak menu diet yang sebenarnya kurang baik bagi kesehatan karena tidak mempertimbangkan asupan gizi yang sebenarnya sangat diperlukan oleh tubuh. Panduan Menu berikut akan memberikan sedikit pengetahuan kepada anda dalam menyusun makanan anda sehari-hari agar badan menjadi langsing dan kesehatan Anda terjaga dengan baik.

 

- Menu Diet Sehat Pengganti Nasi
Nasi memang sudah merupakan makan pokok bagi penduduk Indonesia dan sepertinya sulit untuk melepaskan menu harian kita dari sepiring nasi. Dalam Menu ini, nasi biasanya diganti dengan bahan pangan pokok lainnya. Nasi sangat mudah diurai menjadi glukosa dan inilah yang membuat tubuh seseorang meningkat kadar gula darahnya, dan juga pada akhirnya berat badannya. Menu pengganti nasi dapat berupa roti gandum atau oatmeal. Oatmeal sangat baik untuk kesehatan dan menurunkan berat badan karena merupakan karbohidrat kompleks yang diurai secara bertahap oleh tubuh. Dengan demikian, anda akan merasa kenyang lebih lama. Oatmeal dapat divariasikan dengan mencampur buah-buahan seperti pisang atau blueberry. Sajan oatmeal yang diolah dengan sayuran juga bisa menjadi pilihan.

-  Daging Bebas Lemak
Diet bukan berarti tidak bisa mengkonsumsi daging. Dalam Menu ini tetap ada asupan daging, namun jenis dagingnya adalah daging yang rendah atau bebas lemak. Contoh daging yang dapat anda masukkan ke dalam Menu anda adalah daging ayam dan ikan. Namun, perlu diperhatikan juga cara memasaknya. Direbus, dikukus, atau dibakar tanpa minyak atau mentega merupakan cara yang paling baik karena kandungan lemak trans dalam minyak atau mentega tidak baik untuk tubuh anda. Daging ayam kukus berbumbu dapat menjadi pilihan. Ikan kukus atau bakar dapat menjadi santapan lezat diet anda.

- Buah dan Sayuran Segar
Menu diet yang baik dan seimbang selalu memasukkan unsur buah-buahan dan sayur-sayuran di dalamnya. Keduanya kaya akan serat dan dapat menjaga kelancaran serta kesehatan pencernaan. Buah dan sayur juga kaya akan anti oksidan yang sangat baik untuk tubuh karena dapat menangkal radikal bebas.  Cucilah buah dan sayur hingga bersih sebelum dikonsumsi, dan usahakan memakannya dalam keadaan mentah karena kandungan vitaminnya masih terjaga.

 

Menjalani program diet tidak berarti berpuasa memakan makanan yang lezat. Selama kita tahu aturan dan bisa mengkreasikannya, Menu Diet Sehat bisa menjadi sangat lezat.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10