Penyakit Pencernaan Pada Anak

Sistem pencernaan pada anak sangat penting karena berhubungan dengan pemberian makanan anak dan gizi yang merupakan dua faktor yang sangat penting bagi pertumbuhan anak. Penyakit pencernaan pada anak umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, khusus nya pada bayi karena saluran pencernaannya belum matang, sedangkan pada balita kebanyakan faktornya karena disebabkan oleh asupan makanan yang salah.

Anak-anak memiliki pola makan yang berbeda dengan orang dewasa, pencernaannya masih perlu banyak penyesuaian dengan makanan yang dimakannya, dan itu cukup membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan aneka macam makanan yang masuk. Meskipun masalah penyakit pencernaan pada anak ini tidak terlalu serius, akan tetapi jika masalah ini berlangsung terus menerus dan terjadi dalam waktu yang sama. Maka anak perlu mendapatkan perawatan extra secara medis.

Adapun gejala sakit Pencernaan pada anak, bisa dilihat dari beberapa kejadian seperti dibawah ini :

  • Sembelit
  • Nafsu makan berkurang
  • Diare
  • Mulas
  • Kram / nyeri perut
  • Perut Kembung

Sistem pencernaan pada anak membutuhkan perawatan yang cermat, dari beberapa gejala diatas, perlu diwaspadi penyebab atau faktor yang dapat mengganggu pencernaan, ikuti tips- tips ini dalam mengobati penyakit pencernaan pada anak :

  1. Perhatikan pemberian susu pada anak, penyajian susu yang kurang tepat dapat menyebabkan gangguan pencernaan si anak, misalnya menyajikan susu tidak sesuai dengan takarannya / tingkat kekentalannya, perhatikan cara menyajikan susu yang ada dalam kemasan. Cobalah kurangi pemberian susu terhadap anak, atau menggantinya dengan susu bebas laktosa.
  2. Probiotik. Sistem pencernaan setiap orang membutuhkan “bakteri baik” untuk membantu menyingkirkan “bakteri jahat” dan racun yang mungkin bisa menyakiti. Antibiotik dan stres adalah dua penyebab yang menekan bakteri menguntungkan. Probiotik dapat didapatkan dalam bentuk suplemen tetapi juga dapat ditambahkan ke dalam campuran makanan, seperti yoghurt.
  3. Cukupi dengan asupan makanan berserat, misalnya buah-buahan sebagai pencuci perut seperti buah apricot dan buah pir, sayuran kaya serat seperti kacang polong, brokoli serta buncis, biskuit terigu, roti dan gandum. Karena Serat sangat penting bagi sistem pencernaan untuk menjaga limbah keluar dari tubuh. Serat juga menyuburkan bakteri sehat dan membantu bakteri sehat berkembang.
  4. Hindari makan makanan seperti beras putih, roti putih, pisang, buah apel, wortel yang di masak, susu dan keju yang berpotensi memicu sembelit.
  5. Berikan air putih yang lebih banyak, Air putih dapat membantu melancarkan sembelit , dan ini adalah cara yang paling gampang untuk melunakan kotoran dalam pencernaan

Masalah pencernaan yang paling umum bisa diobati dengan mengikuti tips di atas. Namun, jika masalah pencernaan pada anak tidak ada perubahan ke arah yang lebih baik, segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

 




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10