Penyebab Mata Plus

Apakah Anda memiliki kesulitan melihat sesuatu yang lebih besar dari dekat atau dari jauh sebelum melakukan tes penglihatan? Hal ini mungkin merupakan suatu indikasi bahwan Anda harus secepatnya melakukan tes penglihatan. Banyak orang yang masih takut melakukan tes penglihatan ini, takut akan hasil yang tidak terduga atau takut jika mereka harus menggunakan kaca mata.

Saat ini akan dibahas mengenai penyebab mata plus, atau biasa disebut dengan rabun dekat atau istilah kedokteran nya adalah Hipermetropia. Orang-orang yang menderita rabun dekat tidak dapat melihat atau membaca dalam jarak yang dekat, karena itu membutuhkan kaca mata plus atau kaca mata cembung. Hipermetropia merupakan gangguan penglihatan yang disebabkan menurunnya kemampuan otot serta syaraf mata.

Penyebab mata plus adalah karena bola mata yang lebih pendek dibandingkan dengan mata normal. Biasanya keadaan ini terjadi karena faktor usia. Hal tersebut merupakan salah satu proses penuaan pada orang-orang yang berusia di atas 40 tahun. Kondisi demikian biasanya tidak dapat disembuhakn, tetapi bisa di perbaiki dengan menggunakan kaca mata atau pun “contact lenses”. Tetapi beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kondisi mata rabun jauh bisa disembukan dengan sering-sering meneteskan obat tetes mata, yang ternyata berguna untuk meremajakan otot mata yang sudah tidak lentur lagi.

Berikut beberapa keluhan yang perlu Anda waspadai mengenai kemungkinan Anda menderita rabun dekat:

  1. Sakit kepala jika melihat atau membaca dalam jarak dekat dalam beberapa menit
  2. Ketidak nyamanan pada saat melihat dalam jangka waktu tertentu, terutama ketika mata terfokus melihat sesuatu dalam jangka waktu yang cukup lama, misalnya menonton televisi.
  3. Penglihatan kabur ketika melihat atau membaca dalam jarang dekat, walaupun usia Anda masih di bawah 40 tahun.
  4. Mata cepat merasa lelah apabila melihat atau membaca dalam jarak yang dekat.

Jika Anda mulai merasa tidak nyaman dengan penglihatan Anda, segeralah melakukan tes penglihatan, agar Anda mendapatkan diagnosa yang tepat, jadi tidak perlu hanya mengira-ngira. Pemeriksaan mata secara teratur setiap tahun nya sangat dianjurkan untuk para penderita kelainan penglihatan. Hal ini disarankan agar penderita dapat mengetahui perkembangan terbaru dari keadaan penglihatn nya.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10