Penyebab Mata Minus

Banyak sekali yang bertanya-tanya atau belum mengerti mengapa seseorang harus memakai kacamata, sedangkan yang lain memiliki mata sehat. Untuk mengetahui penyebab mata minus, Anda harus tahu terlebih dahulu struktur dasar mata.

Seperti yang selama ini sudah diketahui, mata itu bagaikan kamera video. Ketika manusia melihat obyek tertentu, ada cahaya yang masuk mata. Cahaya ini harus melalui 4 struktur utama. Ketika sinyal cahaya mengalami distorsi atau rusak, hal ini dapat mengakibatkan penglihatan yang buruk.

Berikut adalah 4 struktur utama dan penjelasan bagaimana cahaya mempengaruhi  masing-masing struktur:

  1. Kornea: Ini adalah titik dimana cahaya masuk.
  2. Lensa: Setelah cahaya memasuki mata, maka akan bertemu dengan lensa, lensa kemudian memfokuskan cahaya tipis pada retina.
  3. Retina: Pada Retina, cahaya akan berubah menjadi sinyal saraf dan kemudian otak akan menafsirkannya dalam bentuk sebuah gambar.
  4. Kelopak Mata: Ketika kelopak mata mengalami peradangan, ada kemungkinan bahwa saluran yang memproduksi air mata akan rusak dan keadaan ini dapat mempengaruhi air mata yang melapisi kornea. Ketika ini terjadi, maka penglihatan menjadi kabur, yang biasanya dapat dihilangkan dengan berkedip mata.

Mata adalah bagian rapuh tetapi vital pada tubuh manusia dan sayangnya sering diabaikan kebutuhannya. Berikut ini adalah daftar singkat dari apa yang dapat menyebabkan penglihatan menjadi buruk.

  • Genetika: Faktor keturunan dapat menjadi salah satu penyebab¬† bagi orang yang memiliki penglihatan yang buruk.
  • Menatap dan mata tegang: Ketika Anda menatap sesuatu untuk jangka waktu yang lama, ini menyebabkan ketegangan pada mata. Mata Anda perlu digerakkan secara konstan.
  • Ekspresi muka: mengerutkan dahi, mengangkat alis atau bahkan menyipitkan mata dapat memberikan beban pada otot-otot yang mengontrol mata Anda.
  • Tidak cukup istirahat: Sama seperti tubuh, mata Anda perlu istirahat. Jangan memforsir mata untuk terus bekerja.¬† Istirahatlah saat mata sudah terasa lelah.
  • Stres: Stres adalah penyebab nomor satu kematian. Jadi bisa dibayangkan dampak yang diakibatkan stress pada penglihatan Anda.
  • Kebiasaan makan yang buruk: Makan makanan sehat dan dengan gizi seimbang adalah cara terbaik untuk memperbaiki kesehatan secara umum.

Selain yang disebut di atas, berikut adalah beberapa penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan gangguan mata bahkan kebutaan:

  • Miopia.
  • Hyperopia atau Rabun dekat.
  • Katarak.
  • Presbiopia (penuaan penglihatan)

Di atas hanyalah sebuah daftar singkat dari apa yang menyebabkan memburuknya penglihatan dan penyebab mata minus.

Terbukti bahwa hanya dengan menerapkan beberapa teknik sederhana dan mudah ke dalam hidup Anda, penglihatan Anda dapat membaik. Mulailah belajar beberapa kebiasaan baru mulai hari ini dan Anda akan mendapatkan kemajuan besar dalam penglihatan Anda.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10