Penyebab Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan (tenggorokan). Biasanya, penderita radang tenggorokan akan merasa lehernya sakit dan tenggorokannya gatal. Bila dilihat dengan senter, pangkal tenggorokan si penderita biasanya akan memerah (meradang). Untuk mencegah penyakit tersebut, kita harus mengetahui apa saja penyebab radang tenggorokan.

Yang pertama, radang tenggorokan bisa disebabkan karena virus. Udara kotor, polusi udara, dan kondisi yang sejenis, bisa membuat saluran pernapasan sakit. Salah satu “gangguannya” adalah radang tenggorokan.

Yang kedua, penyebab radang tenggorokan berikutnya adalah karena makanan. Gorengan misalnya, bila yang digunakan untuk menggoreng adalah minyak sisa, maka tenggorokan bisa bermasalah karena terkena infeksi.

Yang ketiga, batuk berkepanjangan. Batuk bisa menyebabkan radang tenggorokan bila diderita dalam jangka waktu lama. Tenggorokan akan mengalami luka dan meradang karena batuk yang memicu kontraksi. Akibatnya salurang pernapasan yaitu tenggorokan tersebut mengalami luka.

Yang keempat, kehabisan suara karena kegiatan tertentu yang berlebihan. Menyanyi, berteriak, atau kegiatan sejenis yang menguras suara, bisa menyebabkan radang tenggorokan. Karena setiap hari tenggorokan tegang akibat suara yang tinggi, maka tenggorokan tersebut bisa luka.

Penyebab berikutnya adalah karena mengonsumsi air yang kurang sehat. Bila di negara maju air kran bisa dikonsumsi setiap saat karena sudah steril, maka tidak begitu dengan negara berkembang. Air kran hanya cocok untuk mandi, mencuci, dan memasak. Bila air kran dipergunakan untuk minum atau dimasak tidak sampai matang, maka yang mengonsumsinya bisa terkena radang tenggorokan. Penyakit tersebut muncul karena kuman- kuman yang ada pada air kran yang sudah dimasak tersebut belum semuanya mati.

Beberapa penyebab radang tenggorokan yang sudah dituliskan di atas adalah sedikit dari sekian banyak penyebab yang ada. Bila suatu ketika, kita mengalami gejala seperti di atas, ada baiknya bila kita melakukan tindakan preventif. Salah satu tindakan tersebut adalah dengan istirahat dan banyak mengonsumsi air putih yang steril. Pengetahuan akan gejala dari radang ternggorokan tersebut akan membantu “calon” penderita untuk melakukan tindakan preventif.

 




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10