Perawatan Kulit Wajah Kusam

Para wanita pada umumnya mendambakan kulit wajahnya terlihat putih dan cerah. Kulit wajah yang kurang cerah (kusam) tentunya akan menganggu penampilan sehingga membuat para wanita kurang percaya diri. Faktor-faktor pemicunya, antara lain paparan sinar matahari, polusi dan debu, efek dari obat-obatan berbahan kimia, serta jerawat. Oleh karena itu para wanita sebaiknya melakukan perawatan agar kulit wajahnya tidak kusam.

Tips perawatan kulit wajah kusam

Apakah Anda ingin kulit wajah terlihat lebih putih dan tidak kusam? Berikut ini tips perawatan untuk mencegah serta menghindari kulit wajah kusam :

  • Membersihkan kulit wajah setiap selesai bepergian atau beraktivitas minimal 2 kali sehari
  • Memakai sunblock atau krim tabir surya yang mengandung SPF tinggi yaitu SPF 20 dan SPF 30, sebelum anda bepergian terutama di pagi atau siang hari untuk mencegah sinar ultraviolet dari matahari ke permukaan kulit.
  • Memakai pelembab yang kaya akan vitamin C
  • Memakai produk alami atau traditional seperti :
  1. pepaya, enzim papain yang terkandung di dalamnya berguna untuk mempercepat proses regenerasi sel dan kulit, menyamarkan noda hitam. Cara penggunaannya : campurkan pepaya yang sudah dihaluskan dengan madu. Rendam handuk kecil bersih dengan air hangat. Kemudian letakkan handuk tersebut diatas wajah yang telah dibersihkan. Diamkan selama 20 menit, bilas dengan air hangat. Terakhir, agar pori-pori mengecil bilas dengan air dingin. Cara ini bisa digunakan seminggu sekali.
  2. ketimun, sayuran hijau ini kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral yang dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah. Cara penggunaannya : ketimun di jus dan ditempelkan di atas wajah dan leher. Agar lebih segar, simpan ketimun dalam kulkas sebelumnya.
  3. tomat, kandungan lycopene yang terkandung didalamnya berfungsi sebagai pencerah kulit yang alami, melindungi kulit dari radikal bebas, dan berfungsi sebagai tabir surya alami pada kulit apabila kita rutin mengkonsumsi tomat.
  4. Rutin mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, tapi bukan air dingin atau yang dicampur dengan es.
  5. Juga perbanyak makan buah dan sayur karena dua makanan ini memiliki kadar air yang lebih banyak
  6. Mengkonsumsi vitamin E
  7. Menggunakan lemon dan madu sebagai alternatif perawatan traditional, kedua bahan tersebut dapat menghaluskan, melembutkan dan meratakan warna kulit. Karena lemon buah yang mengandung asam yang akan mempertahankan pH kulit, yang merupakan faktor penting untuk menjaga warna kulit Anda. Selain itu, kandungan dari buah lemon dipercaya dapat membantu dan mengurangi tanda penuaan, seperti bintik-bintik hitam dan mencerahkan warna kulit
  • Melakukan perawatan di salon seperti facial, scrub dan lain-lain yang dapat membantu pengelupasan kulit mati pada wajah.
  • Menghindari pemakaian obat-obatan terlarang (narkoba), merokok dan hindari konsumsi kopi secara berlebihan



twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10