Sariawan Dan Akibatnya

Cekungan kecil di daerah mulut, yang biasanya meradang lalu memutih, biasa dikenal dengan nama sariawan. Penyebabnya bisa macam-macam, mulai dari sekadar salah gosok gigi sampai gara-gara kurang vitamin.

Memang sariawan yang bisa sembuh sendiri tanpa diobati. Dalam kondisi normal, luka itu bisa sembuh dalam waktu maksimal dua minggu. Tapi jangan biarkan sariawan bertahan lama di mulut Anda karena efeknya bisa berbahaya. Dari hasil baca-baca di internet, ada loh kasus sariawan yang didiamkan selama enam bulan tanpa perawatan! Pada saat ia ke dokter, kondisi mulut sudah lumayan parah. Sisi lidah sudah mulai rusak sampai ke dasar mulut sehingga ditengarai sebagai kanker rongga mulut. Waduh, bahaya!

Sariawan yang tidak sembuh juga setelah lewat dua minggu harus dicurigai bersifat ganas. Jadi harus diperiksakan ke dokter. Apalagi jika titik lukanya makin meluas. Salah satu penyakit dengan indikasi ini ialah kanker rongga mulut. Menurut sejumlah artikel kesehatan gigi, beberapa gejala kanker rongga mulut ialah luka berupa bintik merah atau putih di dalam mulut atau bibir, plus pendarahan yang cenderung konsisten di rongga mulut. Penyakit ini hanya bisa didiagnosis jika si penderita menjalani biopsi. Penyakit kanker rongga mulut yang terdeteksi sejak dini masi memungkinkan terapi dan pengobatan yang sesuai agar tak merusak struktur organ rongga mulut.

Sariawan yang bertahan selama berbulan-bulan juga merupakan indikasi penyakit lebih serius seperti HIV/AIDS. Pada dasarnya, penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini membuat tubuh mudah terinfeksi. Salah satu wujudnya ialah gangguan pada mulut seperti sariawan, sebab mulut tergolong rawan.  Jadi, sariawan memang tidak bisa dipandang enteng. Apalagi jika luka sariawan terus meradang, menimbulkan rasa nyeri dan perih yang berkepanjangan.

Demikianlah akibat yang ditimbulkan jika abai pada sariawan yang bercokol di mulut selama berbulan-bulan. Sebab sariawan merupakan tanda bahwa ada yang salah dalam tubuh kita. Telat menangani sariawan, bisa jadi telat mengobati penyakit lebih serius yang telah kita derita tanpa sadar.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10