Siklus Kesehatan Wanita Konsepsi Bayi dan Anak

Wanita dan anak-anak, dua hal yang tidak terpisahkan. Anak dilahirkan oleh seorang wanita, demikian juga wanita pada umumnya akan melahirkan anak. Di dalam dunia kesehatan, masalah ibu dan anak sudah menjadi suatu topik yang selalu dikaji karena anak merupakan tulang punggung Negara, generasi penerus bangsa. Untuk itu siklus kesehatan wanita konsepsi bayi dan anak sangat penting untuk diketahui.

Wanita yang memiliki siklus reproduksi normal, yaitu mengalami menstruasi, jika telah menikah atau memiliki pasangan dipastikan mempunyai kecenderungan untuk melakukan hubungan seksual guna menghasilkan keturunan. Masalah reproduksi memiliki pengaruh besar terhadap kualitas dari anak yang dikandung serta dilahirkan oleh seorang ibu. Demikian pula dengan siklus kesehatan lain di luar reproduksi. Seorang anak yang terlahir dari rahim ibu yang sehat mempunyai kecenderungan sehat dengan kecerdasan dan perkembangan yang relatif bagus pula. Sebaliknya jika kesehatan ibu terganggu, maka akan memberikan dampak yang kurang baik bagi janin yang dikandungnya dan akan terus memberikan pengaruh negatif sampai anak lahir dan berkembang.

Masalah kesehatan yang perlu diketahui adalah terkait sistem reproduksi, antara lain status penyakit menular seksual yang diderita ibu, kemudian kualitas gizi ibu baik saat mengandung maupun menyusui, tingkat kestressan seorang wanita juga berdampak tidak bagus pada anak. Siklus kesehatan wanita konsepsi bayi dan anak memberikan peran utama sebagai indikator tingkat kemakmuran suatu bangsa. Jika siklus kesehatan wanita, bayi dan anak rendah dapat dipastikan tingkat ekonomi atau kesejahteraan suatu bangsa juga terganggu atau kurang baik. Demikian pula sebaliknya.

Gizi buruk yang terjadi pada seorang wanita yang hamil kemudian memiliki anak, berakibat anak dilahirkan tidak sehat antara lain mengalami anemia, penurunan tingkat kecerdasan hingga timbulnya cacat permanen pada anak. Pada wanita dengan kesehatan prima dan gizi bagus, cenderung melahirkan bayi berkualitas, cerdas, sehat, berkembang menjadi anak dengan tingkat motorik, afektif serta kognitif nyaris sempurna. Untuk itulah siklus kesehatan wanita konsepsi bayi dan anak perlu mendapat perhatian serius.




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10