Tahap Perkembangan Kehamilan

Kehamilan merupakan berita gembira bagi sebagian besar kaum wanita. Ucapan selamat dari keluarga dan teman dekat akan bermunculan.  Ada beberapa tahap dari kehamilan, meskipun secara umum setiap orang mengetahui bahwa kehamilan adalah satu insiden yang berlangsung selama sekitar sembilan bulan, tapi sebenarnya apa yang terjadi adalah sangat berbeda.

Kehamilan sebenarnya dapat dibagi menjadi tiga tahap utama, yang secara kasar dapat terkotak dalam rentang waktu sekitar tiga bulan masing-masing. Melalui artikel ini dapat diperoleh informasi lebih lanjut tentang bagaimana kehidupan kecil yang tumbuh di dalam kandungan terbentuk melalui multi-tahap perjalanannya keluar ke dunia ini.

Tahapan utama kehamilan anda disebut sebagai ‘trimester’. Berikut ini adalah karakteristik dari masing-masing trimester.

Trimester pertama

Trimester pertama berlangsung selama sekitar tiga setengah bulan. Ini adalah periode waktu sekitar 14 minggu.

Pengalaman apa yang dialami dalam trimester ini?
trimester pertama mungkin berakhir menjadi terasa cukup lama. Hal ini dikenal sebagai trimester terburuk bagi banyak wanita hamil. Sementara ada orang-orang yang sangat beruntung menjadi calon ibu yang tidak merasakan apa-apa selama periode ini, sebagian besar wanita mengeluhkan banyak tanda dan gejala awal kehamilan.

Mual, muntah, pusing, kelelahan dan nyeri adalah beberapa gejala yang paling umum. Selain itu, wanita hamil bisa merasakan marah, hiper-sensitif dan umumnya beberapa wanita juga merasakan dorongan untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya.

Dalam tahap ini calon ibu harus bertahandan merawat kesehatannya karena semua penderitaan itu juga akan berakhir. Juga tidak mengkonsumsi alkohol dan rokok serta makan makanan dengan gizi seimbang yang kaya akan serat. Juga mengkonsumsi vitamin tambahan dan nutrisi mineral jika disarankan oleh dokter.

Trimester Kedua

Trimester kedua berlangsung sampai akhir bulan ketujuh kehamilan. Ini mungkin adalah trimester terbaik bagi calon ibu.

Pengalaman apa yang dialami dalam trimester ini?
Calon ibu mulai bersinar karena kehamilan dan perut mulai membuncit. Untuk menambah kegembiraan calon ibu bahkan bisa merasakan si kecil bergerak dan menendang di dalam perut, sehingga ibu hamil merasa benar-benar di puncak dunia saat ini. Dalam kasus ini bahkan dapat dilakukan tes untuk mengetahui jenis kelamin anak dengan USG.

Pastikan untuk mengkonsumsi 2500 kalori per hari. Sertakan banyak makanan kaya serat dan menggabungkan dengan senam hamil jika dokter menyarankan. Juga, hati-hati saat bergerak dan menghindari mengangkat beban. Ibu hamil akan tumbuh lebih besar dan lebih berat dari hari ke hari.

Trimester Ketiga

Pengalaman apa yang dialami dalam trimester ini?
ini lagi adalah trimester sulit untuk menghadapi, baik secara fisik maupun emosional. Ibu hamil juga akan khawatir tentang melahirkan dan mengasuh anak. Tetapi harus tetap memeriksakan kehamilan secara rutin, hingga saatnya tiba, kelahiran bayi mungil yang cantik

 




twitter-widget
Artikel Tentang Kesehatan located at Cilandak , Jakarta, Indonesia . Reviewed by 29 customers rated: 7.3 / 10